top of page
  • Redaktur: Maulina Siregar

Aerasi Faktor Penting Proses Pengolahan Limbah Kelapa Sawit


Aerasi merupakan faktor penting dalam proses pengolahan limbah kelapa sawit. Melalui aerasi, oksigen dipasok untuk membantu bakteri melakukan respirasi sehingga cepat melakukan penguraian limbah cair buangan industri kelapa sawit. Limbah cair yang nantinya akan dibuang, sudah sewajibnya tidak berdampak pada pencemaran lingkungan. Untuk mengukur atau mengontrol kadar buangan limbah cair tersebut adalah angka biological oxygen demand (BOD).

Jika nantinya limbah yang dibuang masih memiliki kadar BOD tinggi, bisa dipastikan organisme yang ada di sekitar lingkungan buangan tersebut akan kekurangan oksigen. Kadar buangan limbah cair industri sawit yang dapat dialirkan ke sungai selayaknya memiliki BOD 3.500 hingga 3.000 mg/liter. Termasuk kandungan minyak dan lemak yang diperbolehkan ≤ 600 mg/liter, dan pH ≥ 6.

Pengolahan Limbah Kelapa Sawit

Seperti disebutkan sebelumnya, pasokan oksigen yang cukup diperlukan pada proses pengolahan limbah kelapa sawit. Tujuannya agar bakteri melakukan pencernaan secara aerobik pada bak pengolahan limbah cair. Sehingga bakteri bisa semakin cepat melakukan penguraian limbah.

Beragam cara telah dipraktikkan industri kelapa sawit untuk meningkatkan aerasi. Berbagai jenis sistem aerasi telah dikembangkan bertahun-tahun untuk meningkatkan efisiensi energi dan proses transfer oksigen.

Sistem aerasi dirancang sebagai sistem aliran kontinu karena udara terus menerus dipasok ke dalam bak aerasi pada pengolahan limbah cair. Untuk setiap bak aerasi, biasanya industri kelapa sawit ada yang memilih mendistribusikan oksigen murni, oksigen yang diperkaya dan sistem difusi udara yang disalurkan ke dalam bak pengolahan limbah dengan diffuser udara di bagian bawah tangki.

Satu di antara upaya untuk meningkatkan proses aerasi adalah melibatkan aerator untuk meningkatkan transfer oksigen, memancing pembentukan gelembung udara. Jenis aerator yang bisa diandalkan pada pengolahan limbah cair sawit adalah TurboPro Jet Aerator.

Turbo Jet Aerator bekerja dengan cara menghisap udara yang ada di dalam air melalui pipa hisap. Kemudian mendorong udara ke air dengan kecepatan tinggi melalui putaran roda seperti mata pisau. Udara dan air kemudian tercampur menjadi gelembung-gelembung oksigen.TurboPro Jet Aerator dapat menjangkau ketersediaan oksigen lebih luas. Jarak penyemprotan oksigennya juga lebih luas. (*)

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

812 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page