• Redaktur : Riki Suharda

Penyakit Bintik Merah


Penyakit bintik merah (red spot disease) adalah salah satu jenis penyakit yang umumnya menyerang ikan air tawar dan ikan muara yang dipelihara maupun liar. Penyakit bintik merah ini disebabkan oleh beberapa jenis jamur, diantaranya Aphanomyces invadans, A. piscicida, A. invaderis dan ERA.

Aphanomyces merupakan organisme yang tergolong ke dalam jamur yang hidup di dalam air. Aphanomyces invadans merupakan jamur yang dapat menginfeksi banyak spesies ikan dan menimbulkan kondisi epizootic ulcerative sindrom atau penyakit bintik merah.

Dari sejak kemunculannya wabah ini telah meluas melalui Papua Nugini ke Tenggara dan Asia selatan juga Asia barat, di mana sekarang telah mencapai Pakistan. Penyakit bintik merah ini ditularkan dari satu ikan ke yang lain melalui pasokan air. Ikan yang rentan terserang biasanya ikan remaja dan muda. Tidak ada laporan meyebutkan penyakit ini menyerang larva ikan.

Diagnosa

Diagnosa diawali dengan melihat gejala klinis berupa spot-spot atau bintik merah pada tubuh ikan. Jaringan tubuh ikan yang terkena diambil kemudian pemeriksaan dapat dilakukan menggunakan mikroskop untuk mengamati adanya struktur hifa dari A.invadans.

Gejala klinis

Gejala klinis yang muncul pada infeksi jamur ini adalah adanya kemerahan (red spot disease) pada kulit ikan yang menandakan adanya reaksi peradangan akibat invasi dari hifa. Ikan yang terinfeksi akan kehilangan nafsu makan, dan terlihat lebih kusam. Ikan yang terinfeksi akan terlihat lemas dan terapung di permukaan air.

Pengobatan dan Pencegahan.

Masi belum ditemukan pengobatan yang efektif untuk ikan yang terinfeksi A. Invadans, sehingga pencegahan sebaiknya dilakukan untuk mengurangi kemungkinan infeksi jamur ini. Pada kolam yang diduga terinfeksi jamur ini maka sebaiknya aliran air dihentikan dan diberikan garam dengan konsentrasi 2PPT untuk menginaktivasi zoospore yang ada di dalam air kolam tersebut.

Semoga Bermanfaat

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

#penyakitbintikmerah #redspotdisease #penyakitikan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon