Cara Kontrol Kestabilan Salinitas Budidaya Udang

January 25, 2017

Untuk menjaga pertumbuhan udang perlu diperhatikan tingkat salinitas air tambak. Salinitas budidaya udang yang ideal adalah dalam kisaran 10-35 ppt (jumlah gram garam pada setiap liter air). Pengukuran salinitas menggunakan alat Refraktometer.

 

Salinitas udang optimal pada budidaya udang vannamei adalah 15-25 ppt. Sedangkan pada budidaya udang windu, salinitas optimalnya adalah 20-25 ppt.

 

Supaya udang terhindar dari stres, harap dijaga fluktuasi harian salinitas. Dalam budidaya udang vannamei, fluktuasi harian salinitas tidak boleh lebih dari 5 ppt. Sementara pada budidaya udang windu, fluktuasi harian salinitas tidak boleh lebih dari 3 ppt.

 foto dokumentasi lampung.antaranews.com

 

Untuk menjaga salinitas air berada dalam kisaran ideal, sebaiknya pengukuran salinitas dilakukan pada pagi dan sore hari untuk mengukur perubahan salinitas akibat penguapan air oleh matahari.

 

Ketika hujan turun, bakal terjadi penurunan salinitas karena air hujan masuk ke dalam tambak. Karena itu setelah hujan berhenti dilakukan pengukuran salinitas air tambak.

 

Pada kasus salinitas meningkat disebabkan oleh penguapan air, bisa diantisipasi dengan menambahkan air tawar hingga ketinggian air tambak mencapai ketinggian awal sebelum terjadinya penguapan. Misal, penambahan air tawar dilakukan hingga tinggi air tambak bertambah 3 cm, setelah sebelumnya terjadi penurunan ketinggian air mencapai 3 cm akibat penguapan.

 

Dalam kasus penurunan salinitas akibat turun hujan, bisa diatasi dengan membuang air tawar di permukaan. Hal ini dilakukan karena massa jenis air tawar lebih rendah dibandingkan air asin, sehingga air tawar cenderung berada di permukaan air.

 

Cara membuang air tawar di permukaan dengan membuat pipa pembuangan air yang dilubangi (lokasi lubang pada pipa berada tepat di ketinggian air tambak yang diinginkan).

 

Untuk memastikan air tawar dari lingkungan sekitar masuk ke dalam tambak, harus dibuat pematang tambak yang kokoh untuk menghindari pematang longsor.

 

Baca Juga Informasi Terkait

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

 

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia

Telp: 061 4571 224

 

Up.Bima Apriandi

Telp: 0821 6844 3388

 

 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon