4 Jenis Nutrisi pada Udang Serta Manfaatnya bagi Tubuh

January 23, 2019

Udang dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrisi pada udang adalah protein, kalsium, yodium dan asam lemak omega-3. Selain kandungan nutrisi tersebut, udang juga memiliki kandungan merkuri yang tergolong rendah, sehingga akan sangat menyehatkan bila dikonsumsi.

 

Namun, tetap saja tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi udang. Karena jika berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol tubuh yang berujung pada timbulnya berbagai penyakit.

Sumber: momjunction.com

 

Beberapa nutrisi yang dijabarkan tadi memiliki manfaat masing-masing pada tubuh, yaitu.

 

1. Protein Membentuk Sel Tubuh

Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel tubuh. Selain itu, protein juga bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, memproduksi enzim, hormon dan zat kimia lainnya. Protein tidak disimpan tubuh, sehingga asupan protein sangat penting diperlukan tubuh setiap harinya.

 

2. Kalsium Untuk Tulang, Gigi dan Kinerja Tubuh Lainnya

Disebutkan sangat berguna bagi tulang dan gigi, namun fungsi kalsium  masih banyak lagi, di antaranya adalah memengaruhi kinerja otot, hormon, fungsi saraf dan kemampuan dalam pembekuan darah.

 

Bahkan, menurut beberapa ahli kalsium juga bermanfaat dalam membantu mengatasi tekanan darah tinggi dan mengontrol kenaikan berat badan.

 

Walau tulang terlihat keras, tapi sebenarnya tulang merupakan jaringan hidup yang terus berganti. Tulang baru akan dibentuk untuk menggantikan tulang yang lama. Untuk menunjang proses itu, maka dibutuhkan asupan kalsium sebanyak 1000 sampai 1300 miligram untuk usia 9 tahun ke atas.

 

3. Yodium Membantu Produksi Hormon

Yodium merupakan salah satu komponen yang diperlukan tubuh dan diperoleh dari asupan makanan. Walaupun sedikit, namun peran yodium sangatlah penting, terutama untuk menunjang kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

 

Kekurangan asupan yodium dapat mengakibatkan penyakit gondok, ketidaksuburan, penyakit autoimun dan meningkatkan risiko kanker. Sumber utama yodium banyak diperoleh pada garam.

 

4. Asam Lemak Omega-3 Menekan Risiko Penyakit Jantung

Secara umum, kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada udang sangatlah menguntungkan. Asam lemak omega-3 dikenal dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menekan produksi trigliserida.

 

Selain itu, asam lemak omega-3 juga berperan dalam mencegah radang sendi, depresi, Alzheimer, asma dan mendukung perkembangan bayi saat berada dalam kandungan.

Walaupun demikian, kandungan kolesterol pada udang tergolong cukup tinggi. Maka dari itu, dianjurkan untuk mengonsumsi udang dalam batas wajar.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon