Fungsi Ariake Bagi Lingkungan Tambak Udang

January 18, 2019

Kehadiran plankton pada tambak adalah suatu hal yang penting, terutama dalam menunjang pertumbuhan udang. Namun, plankton alami pada tambak tidak selamanya bersifat baik, ada beberapa plankton yang malah memiliki sifat pathogen atau yang menyebabkan penyebaran penyakit.

 

Plankton yang bersifat pathogen ini mampu memicu pertumbuhan bakteri vibrio yang diketahui sebagai dalang dari munculnya beragam penyakit hingga menyebabkan kematian massal pada udang.

 

Plankton juga memiliki kendali dalam menjaga kualitas air. Keberadaan plankton dengan kapasitas yang wajar tentu sangat menguntungkan bagi udang. Namun, jika keberadaan plankton pada tambak sangat membludak, maka akan menyebabkan air menjadi lebih pekat.

 

Ariake 3

Sumber: tokopedia.com 

 

Ariake 3 merupakan probiotik yang dapat mengontrol pertumbuhan plankton pathogen, sehingga tidak membahayakan udang.

 

Probiotik merupakan mikroorganisme baik yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan udang. Selain dapat mengontrol pertumbuhan plankton jahat, ariake 3 juga dapat dimanfaatkan udang sebagai sumber pakan pendukung yang mampu meningkatkan metabolisme, sehingga nutrisi yang terkandung pada pakan utama dapat terserap dengan baik.

 

Penggunaan ariake 3 pada tambak juga mampu memicu penurunan kadar nitrat, amonia dan hidrogen sulfida pada air sehingga air tidak beracun bagi udang. Caranya ialah dengan mencampurkan ariake 3 sebanyak 100 gram ke dalam 100 liter air, kemudian tebarkan secara merata ke tambak yang diberi aerasi selama 30 menit.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon