6 Ciri Benur Udang Vaname Berkualitas yang Wajib Diketahui Petambak

February 1, 2019

Selain kondisi lingkungan yang optimal, kesuksesan usaha tambak udang juga ditentukan oleh kualitas benur yang digunakan. Benur berkualitas tentu memiliki tingkat kesuksesan yang lebih besar saat dibudidaya.

 

Maka dari itu, sebelum memulai menebarkan benur ke dalam tambak, sebaiknya anda mengamati benur yang akan digunakan dan melakukan sortasi untuk memastikan bahwa hanya benur yang baik saja yang akan dibudidayakan.

Sumber: ekonomi.bisnis.com

 

Pada ulasan kali ini, kami sajikan untuk anda beberapa ciri benur udang vaname berkualitas.

 

1. Ukuran yang Seragam

Benur udang yang berkualitas dapat dilihat secara kasat mata. Ciri pertama dari benur berkualitas adalah memiliki ukuran yang seragam antara satu dan lainnya. Ukuran benur yang tidak seragam menandakan pertumbuhan benur tidak normal. Jika tetap dibudidayakan, maka panen tidak dapat dilakukan secara serentak, sehingga keuntungan yang didapat tidak maksimal.

 

2. Bentuk Tubuh

Benur yang sehat dan berkualitas dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Biasanya, benur yang baik memiliki bentuk tubuh yang lurus saat berenang. Sedangkan untuk benur yang tidak sehat, bentuk tubuhnya akan cenderung bengkok. Sedangkan untuk matanya, benur berkualitas akan memiliki mata yang mengkilap dan tidak memiliki bercak pada kulitnya.

 

3. Antena Utuh

Benur berkualitas memiliki antena yang lengkap utuh, tidak patah serta dapat membuka dan menutup. Jika terlihat antena benur selalu terbuka, maka dapat dipastikan benur dalam keadaan tidak sehat.

 

4. Usus yang Terisi Penuh

Jika dilihat ususnya, benur berkualitas pasti memiliki usus yang terisi penuh. Sedangkan benur dalam kondisi stres atau tidak sehat, maka ususnya terlihat kosong.

 

5. Ekor yang Membuka

Bentuk ekor dari benur berkualitas dan siap untuk ditebar ke tambak adalah yang sudah membuka. Jika belum, sebaiknya tunda penebaran benur, dan tunggu hingga ekor membuka.

 

6. Aktif Berenang

Benur udang vaname yang sehat akan terlihat aktif berenang serta sangat peka terhadap rangsangan dari luar. Pola berenang berkualitas ialah menetang arus dan jika air diputar, maka benur akan menempel di dasar tambak.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon