Penyebab dan Cara Mengatasi Bau pada Kolam Ikan Lele

January 24, 2019

Salah satu bentuk usaha yang saat ini diminati oleh masyarakat adalah budi daya ikan lele, baik pada kolam permanen maupun kolam terpal. Banyaknya minat untuk melakukan usaha budi daya lele tak terlepas dari permintaan akan ikan lele di kalangan masyarakat yang semakin meningkat.

Sumber: seputarikan.com 


Bentuk usaha ini dapat memberikan keuntungan yang melimpah, selama para pembudidaya dapat mengatasi segala hambatan dan masalah yang bisa muncul kapan saja.


Bau pada Kolam Lele
Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pembudidaya adalah timbulnya bau pada kolam lele. Berbeda dengan budi daya ikan jenis lainnya, kolam pada budi daya ikan lele cenderung lebih cepat kotor dan berbau.


Bau yang ditimbulkan juga sangat mengganggu. Untuk itu perlu dilakukan penanganan dengan segera, sehingga gangguan tidak menyebar dan menimbulkan keresahan di lingkungan sekitar.


Penyebab utama timbulnya bau pada kolam lele adalah tidak teraturnya pergantian air. Pada budi daya ikan lele, kolam kotor bukanlah hambatan lele untuk tetap hidup, karena lele dikenal memiliki alat bantu pernapasan yang disebut arborescent.


Akan tetapi, melakukan manajemen air sangatlah penting, yaitu dengan cara rutin mengganti air kolam lele agar tidak menimbulkan bau. 


Sisa pakan dan kotoran lele merupakan komponen utama penyebab air kolam menjadi kotor dan berbau. Oleh karena itu, pergantian air sangatlah penting dilakukan secara berkala.


Cara Mengatasi Bau pada Kolam Lele
Selain dengan melakukan pergantian air secara berkala, pemberian pakan sesuai dosis juga wajib dilakukan. Lele termasuk jenis ikan yang memiliki nafsu makan tinggi, sehingga para pembudidaya sering sekali memberikan pakan dengan jumlah besar.


Namun, jika diberikan secara berlebihan, lele akan memuntahkan makanannya lagi hingga akhirnya sisa pakan tersebut mengendap di dasar kolam dan menimbulkan bau.


Bahan organik yang menumpuk pada kolam lele juga dapat menimbulkan bau. Seperti dedaunan yang jatuh tepat pada kolam lele dan dibiarkan membusuk di sana. Untuk itu, pembersihan kolam lele dari bahan-bahan organik juga wajib dilakukan agar kolam tidak bau.


Penggunaan probiotik juga menjadi cara ampuh untuk menghilangkan bau pada kolam lele. Probiotik merupakan mikroorganisme yang berfungsi sebagai pengurai sisa-sisa pakan yang ada pada kolam.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon