Kebutuhan Kapur Pada Tambak Sesuai dengan Kadar pH

January 9, 2020

Derajat keasaman atau nilai pH pada tanah memberikan kontribusi terhadap kesuburan perairan pada tambak nantinya. Produktivitas pada lahan tambak menjadi syarat mutlak bagi usaha budidaya perairan agar sukses.

 

Salah satu usaha budidaya perairan yang sangat digemari saat ini adalah budidaya udang vaname. Tambak untuk budidaya udang vaname haruslah memiliki kandungan pH yang sesuai, karena jika pH terlalu tinggi ataupun terlalu rendah dapat membahayakan kehidupan udang itu sendiri.

Sumber: trobosaqua.com

 

PH tambak yang terlalu tinggi mengakibatkan udang mengalami penurunan pertumbuhan, sehingga udang menjadi sulit dalam tumbuh dan berkembang. Sedangkan pH tambak yang terlalu rendah akan menyebabkan kondisi asam pada tambak yang berpotensi meracuni udang.

 

Pada umumnya, tambak sering mengalami penurunan kadar pH. Solusi untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan memberikan mineral pada tambak. Pemberian mineral ini diketahui sangat ampuh dalam meningkatkan pH. Mineral yang paling banyak digunakan adalah kapur.

 

Kebutuhan kapur pada tambak tidak selalu sama. Pasalnya, kadar kapur yang diberikan haruslah sesuai dengan kadar pH yang ada pada tambak. Hal ini juga disampaikan oleh Boyd, C.E pada jurnalnya yang bertajuk Aquaculture Pond Bottom Soil Quality Management, mengatakan bahwa kadar pH tambak menentukan jumlah kapur yang akan diberikan. Kebutuhan kapur pada tambak dapat dilihat pada tabel di bawah.

Dari tabel di atas dapat kita lihat bahwa pH yang berada di bawah 5 membutuhkan kapur yang lebih banyak, yakni sekitar 3 kg per Ha. Pada pH 5-5,9 membutuhkan kadar kapur sebanyak 2,5 kg per Ha. PH 5,5-5,9 membutuhkan kapur sebanyak 2 kg per Ha. PH 6-6,4 membutuhkan kapur 1,5 kg per Ha dan yang terakhir pH 6,5-7 membutuhkan kapur sebanyak 1 kg per Ha.

 

Dari ulasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tambak yang membutuhkan kapur hanya yang ber-pH di bawah 5 sampai 7. Saat pH tambak sudah kembali pada posisi normalnya, petambak sudah dapat menghentikan pemberian kapur pada tambak. Tugas selanjutnya ialah menjaga pH tersebut agar tetap stabil.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon