Kelimpahan Plankton Sangat Berpengaruh Pada Kehidupan Udang

January 8, 2020

Budidaya udang vaname yang dilakukan dengan sistem semi intensif ditekankan dengan pengolahan kualitas air demi menumbuhkan plankton pada tambak demi menjaga parameter kualitas air lainnya.

 

Keadaan plankton memang sangat memegang peranan penting pada tambak dalam menciptakan lingkungan yang optimal, sehingga udang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sumber: trobosaqua.com

 

Ketersediaan plankton pada tambak juga berfungsi sebagai sumber pakan organik bagi benih udang, karena biasanya benih udang masih belum mampu mengonsumsi pakan komersil yang biasa dijual di pasaran.

 

Pada tulisan kali ini, kami akan memaparkan mengenai betapa berpengaruhnya populasi plankton pada tambak terhadap keberlangsungan hidup udang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Aan Pratama, Wardiyanto, dan Supono, keberadaan plankton sangat mendukung kehidupan udang.

 

Penelitian tersebut melibatkan dua kolam tambak yang berbeda dengan populasi plakton yang juga berbeda. Dua kolam tersebut diberi sebutan dengan tambak A1 dan A2.

 

Melalui berbagai tes yang dilakukan, tambak A2 diketahui memiliki populasi plankton terbanyak dan didominasi oleh fitoplankton jenis diatom dengan kepadatan 708 ekor induk per liter air. Sedangkan tambak A1 didominasi dengan jenis plankton yang sama dengan kepadatan populasi adalah 368 ekor induk per liter.

 

Laju Pertumbuhan

Dari dua tambak tersebut menunjukkan laju pertumbuhan harian udang yang berbeda. Mulai dari hari ke-30 sampai hari ke-72 pada tambak A1 dan A2 masing-masing menunjukkan pertumbuhan 0,14-2,02 dan 0,17-2,05 gram per hari. Data tersebut menunjukkan bahwa pertumbuhan udang lebih baik ialah yang ada pada tambak A2.

 

Namun, pada hari ke-79 sampai hari ke-114, laju pertumbuhan antar kedua tambak mengalami perubahan. Tambak A1 menunjukkan laju pertumbuhan yang lebih baik. Hal ini ternyata diakibatkan oleh nilai kelulusan hidup udang pada tambak A1 mengalami penurunan, artinya tambak A1 banyak mengalami kematian udang pada masa pertumbuhannya.

 

Persentase Keberlangsungan Hidup

Tingkat kelangsungan hidup udang vaname antar kedua tambak dapat dilihat pada tabel di bawah. Keberlangsungan hidup udang pada tambak A1 sebesar 40,13% yang mana nilai tersebut lebih rendah dari tambak A2 yakni sebesar 92,50%

 

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa keberlangsungan hidup udang dan keberhasilan produksi pada tambak udang sangat dipengaruhi oleh populasi plankton pada tambak dan didukung oleh parameter lainnya. Gunakan probiotik yang sesuai agar plankton dapat tumbuh dan berkembang dengan melimpah pada tambak yang Anda miliki.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon