Aplikasi EM4 Dalam Pengolahan Tambak

December 6, 2019

Sebelum memulai usaha budidaya udang, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengolah lahan tambak. Untuk mengolah tambak dengan teknologi EM4, langkah awal adalah mengeringkan tambak agar tanah tambak terpapar oleh sinar matahari. Pengeringan ini bertujuan untuk membunuh hama yang ada serta menghilangkan bakteri penyebab penyakit, dan memperbaiki reaksi kimia yang ada.

Sumber: mediatani.co

 

Selanjutnya, dilakukan pengangkatan tambak dan perbaikan bangunan tambak. Tujuannya adalah untuk membuang sisa bahan organik yang ada, hingga tambak kembali pada kondisi optimalnya. Setelah selesai, tambak kembali dijemur selama 2-3 hari dan dilanjutkan dengan mengecek pH tanah dasarnya.

 

Tahap selanjutnya adalah melakukan penyuburan tambak dengan meningkatkan jumlah pakan alami. Caranya adalah dengan menebarkan pupuk organik secara merata. Pada tahap ini, EM4 sangat diperlukan untuk mengurai pupuk organik yang diberikan.

 

EM4 diketahui dapat mengatasi pencemaran air akibat akumulasi limbah organik, sehingga lingkungan tambak tetap terjaga selama proses budidaya berlangsung. Selain itu, hama penyakit juga akan lebih sulit dalam menyerang udang, hal ini tentu akan membuat udang menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit.

 

EM4 juga dapat diberikan pada udang melalui pakannya, caranya ialah dengan menyemprotkan EM4 pada pakan sebelum akhirnya ditebar ke tambak.  Pakan yang telah disemprokan dengan EM4 tentu akan lebih mudah dicerna, sehingga nutrisi yang terserap akan lebih maksimal.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon