Penyebab Udang Tak Mau Makan

November 28, 2019

Memahami perilaku udang merupakan tindakan yang sangat diperlukan bagi petambak guna dapat menciptakan kondisi yang kondusif untuk udang dalam pertumbuhannya. Pengetahuan mengenai perilaku udang mungkin akan membantu petambak dalam merencanakan manajemen pakan yang tepat.

Sumber: ideaksi.com

 

Salah satu perilaku udang yang wajib diketahui adalah ketika udang mengalami penurunan nafsu makan atau tidak mau makan. Berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya.

 

Udang Merupakan Omnivorous scavenger

Makna dari istilah Omnivorous scavenger adalah udang merupakan komoditi budidaya yang makan apapun. Scavenger juga berarti udang suka makan sisa-sisa bahan organik yang ada di dasar. Hal ini tentu menjadi alasan logis ketika udang menurun nafsu makannya ketika diberi makan. Alasannya adalah udang sudah terlalu banyak makan sisa-sisa bahan organik yang ada pada dasar tambak. Perilaku ini juga mengungkapkan bahwa tambak berada dalam kondisi yang tidak stabil  dan perlu dilakukan pembersihan.

 

Penglihatan Udang Tidak Berkembang

Ketika penglihatan udang tidak berkembang dengan baik, maka udang hanya mengandalkan antenanya untuk menemukan pakan yang ditebarkan. Hal ini membuat udang cukup kesulitan dalam menemukan pakan, sehingga udang seolah-olah terlihat tidak nafsu makan.

 

Suhu, pH dan DO Berpengaruh Terhadap Nafsu Makan

Penurunan ketiga parameter tersebut secara signifikan juga berpengaruh terhadap nafsu makan udang. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban Anda untuk selalu mengecek keadaan tambak yang Anda miliki.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon