Kanibalisme pada Udang Dapat Sebarkan Virus White Spot Disease

November 22, 2019

Kanibalisme pada udang merupakan sifat alamiah yang dapat timbul saat udang masuk ke dalam fase molting. Pergantian cangkang ini memicu udang untuk menghasilkan senyawa asam amino dan enzim yang mampu merangsang nafsu makan udang.

 

Aksi saling mangsa pada udang ini ternyata menjadi salah satu jalan dari penyebaran virus White Spot Disease.

Sumber: kompasiana.com

 

White Spot Disease merupakan suatu penyakit pada udang yang memiliki ciri berupa timbulnya bintik-bintik putih di sekujur tubuh udang. Penyakit ini dapat membuat udang stres hingga kehilangan nafsu makannya.

 

Nah, pada saat molting berlangsung, udang memang membutuhkan nutrisi lebih untuk menunjang pertumbuhan cangkang barunya. Proses kanibalisme ini dapat terjadi saat pemberian pakan tidak mengimbangi tingkat nafsu makan udang.

 

Sentuhan langsung antar udang pada proses kanibalisme ini memicu penyebaran virus WDS menjadi lebih luas. Hal ini tentu meningkatkan risiko kegagalan panen pada tambak tersebut, karena petambak sudah dihadapkan dengan dua masalah yang serius, yakni WSD dan Kanibalisme.

 

Untuk mencegah hal itu terjadi, petambak sebaiknya selalu menjaga kebersihan tambak dengan cara memberikan pakan secara seimbang dan menjaga tingkat aerasi dalam air.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon