Mahasiswi IPB Berhasil Ciptakan Aplikasi Transaksi Perikanan

November 5, 2019

Indonesia terus dibuat bangga oleh dengan prestasi anak-anak bangsa yang selalu menciptakan inovasi di berbagai bidang. Salah satu kebanggaan tersebut ditorehkan oleh ketiga mahasiswi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

 

Ketiga mahasiswa yang dimaksud adalah Virta Rizki Hernanda, Fathai Ilmiati, dan Dalilah Artaghina merupakan mahasiswi dari program studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Mereka diketahui telah berhasil menciptakan sebuah aplikasi Smart Modern Aquaculture (S-MAQ).

Sumber: dream.co.id

 

Aplikasi tersebut dibuat dan dirancang untuk membantu segala macam aktivitas budidaya peikanan yang terintegrasi dan transparan. Aplikasi itu dibuat berdasarkan keprihatinan mengenai banyaknya produk perikanan yang mangkrak akibat dari masalah transaksi pembayaran yang tidak terlalu akurat.

 

Ide ini berfokus pada kegiatan penjualan komoditas akuakultur dalam rantai para pembudidaya,” ujar Ketua Tim Riset, Virta Rizki Hernanda.

 

Untuk saat ini, Virta mengaku aplikasi S-MAQ ini masih dalam proses penyiapan. Namun, timnya mengaku telah membuat prototype sederhana untuk ditunjukkan ke publik.

 

S-MAQ diklaim memiliki keunggulan yaitu memiliki sejumlah fitur yang dapat menghubungkan proses penjualan komoditas antar pembudidaya yang ada. Dengan ide ini, tiga mahasiswa tersebut juga meraih Juara 1 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Chemistry Friendship Competition (CFC) di Universitas Bangka Belitung pada Oktober lalu.

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon