Cara Membuat Molase Sederhana di Rumah

October 24, 2019

Molase atau yang biasa disebut dengan tetes tebu merupakan produk hasil dari pengolahan gula tebu yang masih memiliki kandungan gula dan asam organik. Bentuk dari molase berupa cairan kental dengan warna gelap dan mengandung sukrosa tinggi.

Sumber: mobnasesemka.com

 

Umumnya molase digunakan dalam pembuatan etanol, namun dewasa ini banyak orang memanfaatkan molase di berbagai sektor industri, terutama di industri perikanan, peternakan dan pertanian.

 

Pada industri perikanan dan peternakan, molase digunakan sebagai campuran pakan yang dapat membuat pakan menjadi lebih lunak dan mudah untuk dicerna oleh komoditi budidaya. Sedangkan pada industri pertanian, molase sering digunakan sebagai bahan pembantu proses fermentasi dalam pembuatan pupuk kompos.

 

Molase dapat dibeli di toko pertanian dan peternakan dengan mudah, namun untuk menekan biaya operasional, Anda dapat mencoba membuatnya sendiri. Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan serta tahapan yang harus dilakukan.

 

Alat yang dibutuhkan untuk membuat molase sederhana adalah adukan kayu, panci untuk memanaskan air dan kompor. Sedangkan untuk bahan yang diperlukan adalah gula putih atau bisa juga menggunakan gula merah sebanyak 500 gram dan air bersih sebanyak 500 ml.

 

Cara Membuat Molase

Pembuatan molase ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memanaskan air yang telah disiapkan sampai benar-benar mendidih. Selanjutnya, masukkan gula ke dalam air yang telah mendidih dan aduk hingga gula benar-benar larut atau tercampur secara merata dengan air. Kemudian matikan kompor dan dinginkan larutan gula hingga mengental dengan sendirinya. Molase sederhana kini telah selesai dibuat dan siap untuk digunakan.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon