Alasan Tambak Memerlukan Probiotik

October 22, 2019

Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang memiliki manfaat baik bagi perairan budidaya. Seperti yang kita ketahui, lingkungan tambak menjadi faktor krusial dalam menentukan kesuksesan budidaya udang.

 

Tambak merupakan lingkungan yang rentan terhadap pencemaran, baik berupa pencemaran oleh bahan organik, maupun anorganik. Namun, pencemaran sering terjadi diakibatkan oleh bahan organik yang biasanya berasal dari penumpukan sisa pakan, cangkang udang dan lain sebagainya.

Sumber: tambakudang.com

 

Penumpukan dan pengendapan bahan organik di dasar tambak lambat laun menimbulkan bakteri dan gas beracun yang keduanya sama-sama memiliki efek buruk bagi udang.

 

Kadar yang terlalu tinggi antara keduanya mampu menciptakan lingkungan yang tidak kondusif bagi kehidupan udang, sehingga udang lebih mudah terkena serangan penyakit.

 

Dari sinilah kita bisa mengatakan bahwa tambak sangat memerlukan probiotik. Kehadiran probiotik mampu menekan bakteri patogen pada tambak, hingga lingkungan tambak kembali kondusif.

 

Bakteri probiotik akan mendominasi pada tambak, sehingga bakteri patogen tidak memiliki ruang dalam berkembang. Lambat laun, bakteri patogen akan terurai menjadi senyawa kimia yang lebih ramah lingkungan bagi kehidupan udang. Selain itu, senyawa beracun yang dihasilkan oleh bakteri-bakteri patogen tersebut juga akan mengalami penurunan yang signifikan setelah pengaplikasian probiotik pada tambak.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon