6 Cara Budidaya Ikan Tenggiri dengan Mudah

October 9, 2019

Ikan tenggiri merupakan primadona. Pasalnya, setiap makanan yang terbuat dari olahannya pasti banyak diminati oleh orang-orang. Tak heran jika permintaan ikan ini di pasaran tidak pernah mengalami penurunan.

Sumber: liputan6.com

 

Permintaan yang stabil membuat banyak orang mulai berminat untuk membudidayakan. Pada tulisan kali ini, kami ulaskan untuk Anda 6 langkah dalam melakukan budidaya ikan tenggiri.

 

Menyiapkan Benih

Langkah awal yang harus disiapkan adalah benih ikan tenggiri. Benih dapat diperoleh di tempat penjualan benih ikan. Pastikan bahwa benih yang digunakan dalam keadaan sehat dan tidak ada cacat pada fisiknya.

 

Kepadatan Kolam

Saat akan menebarkan benih ke kolam pembesaran, pembudidaya harus mengamati kepadatannya. Padat tebar yang tinggi dapat membuat ikan tenggiri tidak merasa nyaman, alhasil ikan akan menjadi mudah stres.

 

Kepadatan optimal untuk budidaya ikan tenggiri adalah 150 sampai 200 ekor per meter kubik. Setelah usia ikan mencapai 1 sampai 1,5 bulan, kepadatan harus dikurangi menjadi 100 ekor saja. Setelah berusia 2 bulan, kepadatan kembali dikurangi menjadi 20 sampai 25 ekor per meter kubiknya.

 

Waktu dan Frekuensi Pakan

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cara pemberian pakan dan frekuensinya. Idealnya, pakan diberikan sebanyak 3 kali sehari, yakni pagi, siang dan sore hari. Khusus untuk ikan kecil bisa diberikan pakan sesering mungkin.

 

Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin pada ikan tenggiri dinilai sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan ikan hingga membuatnya cepat besar. Jenis vitamin ikan sangat bervariasi dan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Pemberian vitaminnya bisa dengan cara mencampurnya dengan pakan yang kemudian ditebarkan ke dalam kolam.

 

Perkembangbiakan

Pengembangbiakannya dikatakan berhasil apabila ikan mengalami perubahan fisik berupa semakin besar ukurannya. Tidak hanya itu, ciri lainnya adalah ikan akan mengalami pematangan gonad, yang mana hal tersebut menandakan bahwa ikan tenggiri siap untuk dipijahkan.Pemijahan dilakukan pada kolam khusus untuk mendapatkan benih ikan untuk periode budidaya berikutnya.

 

Panen

Ikan tenggiri dapat dipanen saat usianya memasuki 4 bulan setelah penebaran dan beratnya telah mencapai 1 kg per ekor. Panen dapat dilakukan pada pagi ataupun sore hari.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon