Peralatan yang Dibutuhkan Dalam Proses Budidaya Bandeng

September 26, 2019

Budidaya bandeng menjadi salah satu alternatif pengganti udang yang pas. Selain karena, harga benih yang relatif lebih murah, juga karena permintaannya di pasaran tidak pernah mengalami penurunan.

 

Proses budidaya yang baik dan terkontrol dapat memberikan keuntungan yang besar. Untuk itu, petambak wajib mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan sebelum memulai proses budidaya bandeng.

Sumber: bisnis.com

 

Perlu diketahui bahwa lingkungan yang dibutuhkan oleh bandeng untuk tumbuh dan berkembang hampir sama dengan yang dibutuhkan oleh udang. Dengan demikian, otomatis alat-alat yang dibutuhkan dalam proses budidaya bandeng juga sama. Berikut beberapa alat yang harus dipersiapkan.

 

Geomembrane

Ikan bandeng dapat hidup normal pada air yang tidak tercemar oleh lumpur. Pencemaran air yang telalu pekat membuat bandeng menjadi sulit dalam mengambil oksigen dalam air. Untuk itu, penggunaan geomembrane merupakan langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya pencemaran air oleh lumpur tambak yang naik ke permukaan.

 

Kincir Air & DO Meter

Selain pencemaran, hal lain yang harus diperhatikan dalam budidaya bandeng adalah kadar oksigen terlarut dalam air. Penggunaan aerator berupa kincir air pada tambak bandeng memungkinkan air menyediakan oksigen sepanjang masa budidaya untuk ikan, sehingga pertumbuhan dan perkembangan dapat berjalan dengan stabil. Pemantauan oksigen juga harus dilakukan secara bertahap untuk mengetahui tingkat oksigen yang ada pada tambak. Pemantauan dapa dilakukan dengan bantuan DO Meter.

 

Salinity Refractometer

Salinity Refractometer digunakan untuk mengukur kadar garam atau salinitas pada air tambak. Kadar salinitas tambak dapat mengalami fluktuasi setiap harinya, untuk itu petambak harus melakukan pengecekan kadar salinitas secara bertahap setiap hari.

 

Termometer

Ikan bandeng dapat hidup normal pada air dengan suhu 30-33 derajat celsius. Untuk itu, petambak memerlukan termometer untuk memantau suhu air setiap saat demi memastikan suhu air tambak dalam keadaan stabil.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon