Aktifitas Masyarakat Pesisir Sebabkan Habitat Penyu Bergeser

September 13, 2019

Kawasan Pantai Trisik yang berada di Kecamatan Galur, Kulonprogo dikenal sebagai habitat alami dari penyu untuk bersarang dan meletakkan telurnya. Namun, akibat semakin banyak aktifitas masyarakat di daerah pesisir tersebut membuat habitat alami penyu ini mulai terganggu. Selain menyebabkan jumlah penyu menurun, kini mulai terjadi pergeseran bagi penyu untuk mendarat.

Sumber: sindonews.com

 

Salah satu penggiat pelestarian penyu di kelompok konservasi Penyu Abadi, Mbah Kromo mengatakan dulu setiap tahunnya banyak penyu yang bersarang dan bertelur di Pantai Trisik.

 

Diketahui setidaknya ada 3 jenis penyu yang mendarat, yakni Penyu hijau, penyu belimbing dan penyu lekang. Namun, belakangan ini ketiga spesies ini mengalami penurunan jumlah, apalagi jenis penyu belimbing, yang saat ini sudah jarang ditemui mendarat di lokasi tersebut.

 

Menurutnya, semakin meningkatnya aktifitas masyarakat di Pantai Trisik, dan salah satunya adalah tambak udang membuat jumlah penyu semakin sedikit. Tidak hanya itu, lokasi bertelurnya juga berpindah. Jika dulu di sekitar TPI dan pantai, kini bergeser ke arah barat tepatnya di sekitar muara sungai Progo.

 

Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo, Sugiyarto mengingatkan bahwa penyu termasuk spesies yang dilindungi, untuk itu sudah sepatutnya masyarakat dan pemerintah melestarikannya.

 

Saat ini, kelompok konservasi Penyu Abadi tengah menetaskan telur-telur penyu yang ditemukan di daerah tersebut. Ketika usianya dirasa sudah cukup, maka penyu-penyu ini akan dilepaskan ke habitat alaminya.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon