Suhu Meningkat Dapat Kurangi Kadar Oksigen Tambak

September 12, 2019

Hubungan suhu dengan keberhasilan budidaya udang vaname sangatlah erat. Hal ini karena suhu sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan udang.

 

Para petambak sebaiknya semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya fluktuasi suhu karena, naik turunnya suhu yang sering dan drastis dapat menyebabkan udang stres hingga mati.

Sumber: kompasiana.com

 

Suhu yang terlalu rendah pada tambak dapat membuat udang mengalami penurunan nafsu makan, sementara suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan metabolisme udang meningkat dan kebutuhan oksigennya juga meningkat.

 

Peningkatan kebutuhan oksigen ini memicu kadar oksigen pada tambak mengalami penurunan . Hal ini diperparah dengan meningkatnya penguraian bahan organik oleh bakteri, yang mana proses ini juga membutuhkan asupan oksigen.

 

Permintaan oksigen yang lebih besar daripada yang dihasilkan menyebabkan oksigen semakin menipis. Keadaan ini tentu bukanlah keadaan yang menguntungkan bagi udang, pasalnya saat udang kekurangan oksigen, udang akan cenderung mengalami pelambatan pertumbuhan. Bahkan, pada banyak kasus udang akan mengalami kematian secara massal.

 

Cara paling mudah untuk mengatasi keadaan ini ialah dengan mengaktifkan seluruh aerator yang ada serta menambah air tambak hingga permukaan air mengalami kenaikan. Saat kedua proses tersebut berlangsung, petambak sebaiknya senantiasa memantau suhu tambak dengan menggunakan termometer.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon