Suhu Optimal Untuk Budidaya Udang Vaname

September 10, 2019

Suhu atau temperatur merupakan salah satu indikator dari keberhasilan budidaya udang. Untuk itu, fluktuasi suhu harus selalu diwaspadai oleh petambak, karena lonjakan atau penurunan suhu secara tiba-tiba mampu menghambat pertumbuhan udang bahkan dapat membuat udang mati.

Sumber: infoikan.com

  

Harus diketahui oleh petambak bahwa suhu optimal untuk udang vaname tumbuh dan berkembang adalah pada kisaran 26 hingga 30 derajat celsius. Sedangkan untuk perubahan suhu secara drastis yang dapat ditanggulangi oleh udang adalah tidak lebih dari 2 derajat celsius.

 

Apabila suhu tambak menurun hingga mencapai angka 25 derajat celsius, maka dapat menyebabkan daya cerna makanan oleh udang akan terhambat, hal inilah yang nantinya akan memengaruhi pertumbuhan udang.

 

Begitu juga sebaliknya, jika terjadi lonjakan suhu hingga mencapai 30 derajat celsius atau lebih, maka akan memicu stres pada udang. Stres yang dialami ini terjadi karena perubahan suhu yang tinggi sehingga menyebabkan kebutuhan oksigen udang semakin meningkat.

 

Budidaya udang memang sangat rentan mengalami perubahan suhu karena posisinya yang berada di luar ruangan. Untuk itu, petambak harus selalu sigap dalam mempersiapkan langkah antisipasi maupun langkah penanggulangan yang tepat apabila hal itu terjadi.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon