Faktor yang Memengaruhi Perubahan Suhu Tambak

September 10, 2019

Temperatur atau suhu merupakan salah satu parameter yang paling menentukan keberhasilan dari usaha budidaya udang. Suhu yang optimal memungkinkan udang untuk tumbuh dan berkembang tanpa masalah. Petambak harus tetap waspada, karena perubahan suhu dapat terjadi kapan saja.

Sumber: kompasiana.com

 

Fluktuasi atau naik turunnya suhu dapat menyebabkan udang mengalami stres. Saat suhu tambak menurun, maka udang akan mengalami permasalahan pencernaan, sehingga udang menjadi lambat dalam pertumbuhannya. Begitu juga sebaliknya, saat suhu dalam keadaan tinggi, maka dapat merangsang udang untuk membutuhkan lebih banyak oksigen.

 

Perubahan suhu ini tidak serta merta terjadi begitu saja. Tentu ada faktor yang memengaruhinya.

 

Suhu Menurun

Penurunan suhu ini dipicu dari adanya penambahan air pada tambak secara tiba-tiba dalam jumlah yang banyak. Curah hujan menjadi satu-satunya kemungkinan dari penambahan air pada tambak secara tiba-tiba.

 

Hujan yang terjadi dalam waktu yang cukup lama dapat menambah tinggi permukaan air tambak. Pencampuran antara air tambak dan air hujan ini memungkinkan menurunnya suhu tambak hingga ke level yang cukup membahayakan bagi udang. Pada kondisi ini, petambak dituntut untuk sigap dalam mengatasinya agar suhu tetap pada kondisi stabilnya.

 

Suhu Meningkat

Musim kemarau menjadi momok tersendiri bagi pembudidaya udang. Pasalnya, musim kemarau dapat meningkatkan suhu tambak secara drastis. Peningkatan suhu ini dipicu oleh paparan matahari langsung pada tambak, sehingga menimbulkan penguapan yang berujung pada menurunnya permukaan air.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon