Udang Air Tawar Hindarkan Manusia dari Ancaman Schictosomiasis

December 7, 2019

Schictosomiasis merupakan penyakit mematikan kedua setelah malaria. Penyakit ini juga biasa disebut dengan penyakit demam siput. Penyakit ini disebarkan oleh siput air yang dapat hidup di banyak jenis perairan.

 

Peneliti mengungkapkan bahwa udang air tawar dapat menjauhkan manusia dari infeksi penyakit ini. Pasalnya, pada proses budidayanya, udang air tawar cenderung akan memakan siput air yang ada sehingga risiko menyebarkan virusnya berkurang atau bahkan hilang.

Sumber: internasional.kontan.co.id

 

Penelitian baru yang dipimpin oleh ilmuwan dari University of California, Berkeley memberikan roadmap mengenai cara pemanfaatan udang air tawar memakan siput.

 

Hal ini tentu menjadi peluang usaha yang bagus sekaligus suatu upaya dalam mencegah terjadinya penularan penyakit. Pengusaha pun dapat menyelamatkan hidup banyak manusia sekaligus mendapatkan keuntungan dari menjual udang.

 

Cara kerjanya ialah udang muda yang dibesarkan dalam tempat penetasan telur, kemudian di tebar pada saluran air tempat penularan Schictosomiasis, selanjutnya udang dipanen saat ukurannya sudah membesar.

 

Pada saat proses pertumbuhan, udang akan memakan siput-siput air yang membawa parasit Schictosome pada saluran tersebut. Lantas, apakah udang tersebut aman dikonsumsi? Jawabannya iya, karena udang tidak dapat terinfeksi meskipun telah memakan parasit pembawa penyakit Schictosome.

                                                                                                                       

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon