Mengatasi PH Air Tambak Menurun Saat Hujan

August 20, 2019

Hujan merupakan keadaan yang memiliki pengaruh penting terhadap kehidupan tambak. Pasalnya, hujan dapat menurunkan beberapa parameter krusial seperti salinitas dan pH.

 

Beberapa waktu yang lalu, kami sudah memberikan beberapa artikel yang mengulas mengenai seluk beluk salinitas. Pada tulisan kali ini, kami akan membahas cara mengatasi pH tambak yang menurun saat hujan.

Sumber: ekor9.com

 

Namun, untuk memastikan bahwa pH tambak benar-benar dalam keadaan menurun atau tidak, petambak wajib memantaunya dengan menggunakan pH meter, sehingga hasil yang didapatkan lebih akurat.

 

Mengatasi PH Menurun Saat Hujan

Saat hujan, pH akan cenderung menurun. Hal ini terjadi karena air hujan mengandung asam yang apabila mencampuri air tambak maka air tambak juga akan mengalami penurunan pH dan bersifat asam.

 

Cara yang paling mudah untuk menaikkan kembali pH pada air tambak tersebut, petambak dapat menggunakan kapur dolomit yang telah dihancurkan. Cara penggunaannya ialah dengan menebarkan dolomit dalam tambak. Hentikan pemberian dolomit jika diketahui pH sudah mengalami kenaikan hingga kadar yang optimal.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon