Pemberian Probiotik pada Tambak Ampuh Kurangi Gas H2S

Hidrogen sulfida atau H2S merupakan gas beracun yang dapat timbul kapanpun pada tambak, terutama pada tambak yang memiliki aerasi yang buruk serta manajemen pakan yang kurang baik.

 

Hal ini karena timbulnya H2S di tambak disebabkan oleh penguraian bahan organik yang tidak sempurna yang menyebabkan terjadinya proses reduksi sulfur. Senyawa sangat beracun bagi ikan maupun udang. Pada toksisitas tertingginya, senyawa ini dapat menyebabkan kematian ikan dan udang secara massal.

Sumber: tambakudang.com

 

Pembentukan H2S terjadi di dasar tambak, karena di situlah tempat bahan organik banyak mengendap. Tempat asalnya yang ada di dasar tambak ini membuatnya lebih leluasa dalam meracuni ikan dan udang.

 

Untuk mengatasi permasalahan H2S ini tergolong cukup mudah. Karena pada dasarnya H2S timbul karena ketidaksempurnaan penguraian bahan organik pada tambak, maka untuk mengatasinya pembudidaya harus menyempurnakan penguraian tersebut.

 

Salah satu cara untuk mempercepat penguraian bahan organik yang menumpuk tersebut ialah dengan memberikan probiotik pada tambak. Sejatinya, probiotik mengandung bakteri Bacillus subtilis yang bergungsi sebagai pengurai bahan organik, dan Thiobacillus yang bekerja dengan sistem reaksi reduksi-oksidasi pada senyawa sulfur.

 

Ada beberapa jenis bakteri Thiobacillus yang direkomendasikan untuk mengatasi gas H2S pada tambak.

  • Thiobacillus denitrificans, yang berfungsi untuk menetralkan H2S dan Nitrit melalui proses denitrifikasi.

  • Thiobacillus ferooxidans, berfungsi sebagai penetral toksisitas H2S dan mengoksidasi ion besi pada tambak, karena ion besi tersebut dapat menghambat respirasi dan pertumbuhan udang.

  • Thiobacillus thiooxidans, berfungsi untuk mengoksidasi sulfur menjadi senyawa yang tidak beracun serta membuat parameter air lebih stabil.

  • Thiobacillus novellus, berfungsi sebagai penetral racun H2S dan pH dasar tambak.

 

Ariake 3 merupakan produk probiotik yang sangat cocok digunakan untuk mengatasi gas H2S pada tambak. Hal ini karena dari semua rincian yang telah disebutkan, hanya Ariake 3 yang benar-benar dapat memenuhinya.

 

Pengaplikasian Ariake 3 pada tambak juga cukup mudah, yakni dengan mencampurkan Ariake 3 sebanyak 100 gram ke dalam 100 liter air, kemudian taburkan ke dalam tambak secara merata dan tak lupa selalu diberi aerasi.

 

Tangani masalah H2S pada tambak Anda segera agar keuntungan yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon