Peran Kincir Air dalam Mengatasi Blooming Algae

Blooming algae merupakan peristiwa terjadinya penumpukan fitoplankton pada tambak udang. Meski kondisi ini sangat jarang terjadi pada tambak, namun risikonya tetap ada. Pada tulisan sebelumnya telah dijelaskan beberapa faktor yang dapat menimbulkan blooming algae.

 

Salah satu cara untuk mengurangi populasi fitoplankton yang berlebihan ialah dengan melakukan aerasi pada tambak. Pada umumnya, aerasi tambak dilakukan secara terus-menerus, hal inilah yang memungkinkan tambak terhindar dari blooming algae.

Sumber: lalaukan.com

 

Dengan kata lain, jika aerasi tiba-tiba terhenti maka hal ini yang akan memicu fitoplankton untuk tumbuh secara tak terkendali. Pada umumnya, aerasi tambak dilakukan dengan bantuan kincir air.

 

Agar aerasi tidak terhenti secara tiba-tiba, maka pastikan bahwa Anda memiliki kincir air yang tepat, memiliki daya tahan tinggi, dan mampu beroperasi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

 

Kincir Air Olympia

Kincir air tambak merk Olympia merupakan kincir air yang terbuat dari material berkualitas tinggi, sehingga memungkinkannya untuk tahan terhadap korosi akibat dari air bersalinitas tinggi.

 

Pelampung kincir air olympia juga terbuat dari bahan HDPE (High Density Polyethylene) yang tahan terhadap panas, sehingga tidak akan mudah rusak dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

 

Selain itu, dinamo kincir air olympia juga terbuat dari gulungan tembaga murni yang dapat memberikan putaran kincir yang konsisten tanpa risiko berhenti secara tiba-tiba, sehingga sirkulasi oksigen akan tetap berjalan hingga masa panen tiba.

 

Kerja Kincir Air pada Blooming Algae

Selain memberikan suplai oksigen pada tambak, kincir air juga memiliki peran sebagai pengaduk air. Nah, proses pengadukan inilah yang dapat memecah populasi fitoplankton yang berlebih pada tambak. Adukan yang konsisten dan stabil tentu akan mengurangi populasi fitoplankton, sehingga blooming algae dapat berkurang seiring berjalannya waktu.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon