3 Tips Meningkatkan Hasil Panen Udang Vaname

Usaha budidaya udang kian digemari oleh banyak orang. Alasan utamanya adalah keuntungan yang didapat dari budidaya udang sangatlah besar. Namun, untuk memulai budidaya udang juga memerlukan modal yang juga cukup besar.

Sumber: tribunnews.com

 

Tingginya biaya produksi membuat pembudidaya harus pintar-pintar dalam mengatur strategi agar keuntungan yang didapatkan lebih besar dari modal yang dikeluarkan. Salah satu hal yang harus dilakukan pembudidaya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar ialah dengan meningkatkan hasil panen. Pada tulisan kali ini kami ulaskan sedikit mengenai beberapa tips untuk meningkatkan hasil panen udang.

 

Penggunaan Microbubble

Microbubble terbukti mampu menyuplai oksigen ke seluruh penjuru tambak. Hal ini akan membuat udang mendapatkan cukup oksigen selama masa pertumbuhannya hingga panen. Oksigen yang cukup tentu akan membuat udang tumbuh dengan baik dan optimal.

 

Nah, pembuatan microbubble ini membutuhkan aerator khusus, seperti Turbojet Aerator. ISW Group menyediakan Turbojet Aerator dengan daya tahan tinggi sehingga memungkinkannya untuk beroperasi terus-menerus tanpa henti.

 

Pemberian Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme baik yang dapat menumbuhkan plankton pada tambak. Adanya plankton pada tambak akan memberikan efek positif seperti penurunan kadar nitrat, amonia dan hidrogen yang mana zat-zat tersebut memiliki sifat beracun bagi udang. Produk probiotik yang terbukti bagus untuk meningkatkan populasi plankton pada tambak udang adalah Ariake 3.

 

Menggunakan Alas Tambak

Tambak yang tidak memiliki alas tentu sangat rentan terhadap pencemaran air tambak. Tercemarnya air pada tambak tentu bukanlah hal yang baik bagi kehidupan udang. Bahkan, fakta menyebutkan bahwa lumpur tambak dapat menurunkan pH air, sehingga air akan memiliki sifat asam.

 

Untuk itu, penggunaan alas pada tambak sangat dianjurkan agar udang tidak mengalami permasalahan. Geomembrane HDPE merupakan lapisan plastik berbahan polyethylene yang sangat tahan terhadap korosi sehingga cocok digunakan sebagai alas tambak udang.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon