5 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Rumput laut merupakan tanaman golongan alga yang tumbuh di laut. Tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan baku di beberapa industri, yang paling utama adalah industri pangan dan obat-obatan.

Sumber: brilio.net 

 

Hal tersebut membuktikan bahwa rumput laut memiliki manfaat terhadap kesehatan. nah, apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi rumput laut? Berikut ini kami ulaskan untuk Anda.

 

1. Mengandung Yodium

Umumnya, manusia mendapatkan asupan yodium dari garam yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Ternyata, rumput laut juga mengandung yodium alami. Yodium berfungsi sebagai perangsang kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormon yang mana hormon tersebut membantu mengendalikan pertumbuhan, produksi energi dan perbaikan sel-sel yang rusak pada tubuh.

 

2. Sumber Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh manusia, untuk itu kebutuhannya harus terpenuhi demi mencegah adanya kelainan. Rumput laut diketahui kaya akan kedua zat tersebut. Bahkan, rumput laut juga mengandung omega 3 yang baik dalam menangkal penyakit jantung.

 

3. Mengatasi Diabetes

Rumput laut membantu penderita diabetes untuk pulih, karena rumput laut diketahui mengandung serat yang cukup tinggi. Serat yang tinggi ini membantu glukosa pada darah perlahan kembali normal. Bagi orang normal, mengonsumsi rumput laut juga dapat mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

 

4. Memperlancar Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi juga sangat bermanfaat dalam sistem pencernaan. Setara tersebut akan merangsang bakteri pada usus sehingga makanan akan lebih mudah terurai dan nutrisi akan lebih mudah terserap oleh tubuh.

 

5. Membantu Penurunan Berat Badan

Rumput laut menjadi pilihan yang tepat bagi orang yang menjalankan program diet. Rumput laut diketahui mengandung banyak serat dan tidak mengandung kalori apapun. Selain memperlancar pencernaan, serat juga sangat ampuh dalam membantu seseorang untuk terus merasa kenyang. Dengan mengonsumsi rumput laut, tentu Anda akan terhindar dari rasa lapar yang dapat muncul tidak pada waktunya, sehingga program diet akan berjalan lebih lancar.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon