5 Negara Terbesar Tujuan Ekspor Rumput Laut Indonesia

Indonesia termasuk negara yang rutin menghasilkan rumput laut. Walaupun rumput laut bukanlah komoditi utama dari ekspor perikanan Indonesia, namun rumput laut juga menyumbang nilai ekspor perikanan Indonesia setiap tahunnya.

Sumber: starberita.com

 

Tercatat ada beberapa negara yang menjadi tujuan utama Indonesia untuk mengekspor rumput lautnya. Dari total keseluruhan negara tersebut, pada urutan satu sampai lima hampir semuanya dikuasai oleh negara-negara dari benua Asia. Berikut kelima negara tersebut.

 

1. Tiongkok

Tiongkok menjadi negara tujuan ekspor rumput laut terbesar Indonesia. Bahkan, sampai saat ini Tiongkok menjadi negara tujuan utama ekspor rumput laut. Dilansir dari data Badan Pusat Statistik, sepanjang 2017 lalu Indonesia berhasil mengekspor hingga 149 ribu ton. Dari data ini, kemungkinan besar bahwa di tahun 2018 dan 2019 akan meningkat lagi.

 

2. Korea Selatan

Korea Selatan menempati posisi kedua sebagai tujuan ekspor rumput laut Indonesia. Menurut data yang sama, Korea Selatan telah menampung rumput laut Indonesia sebanyak kurang lebih 5,6 ribu ton per tahun.

 

3. Chili

Urutan ketiga diduduki oleh negara asal Amerika Latin, Chili. Setiap tahunnya, Indonesia mengekspor rumput lautnya ke negara ini sebanyak 5 ribu ton per tahun.

 

4. Vietnam

Negara tetangga juga turut mengimpor rumput laut Indonesia. Vietnam masuk ke dalam daftar lima besar negara yang mengimpor rumput laut Indonesia, tepatnya pada urutan keempat dengan jumlah sekitar 4,6 ribu ton per tahun.

 

5. Jepang

Jepang dikenal dengan negara industri Asia. Namun sepertinya negara ini tidak membutuhkan terlalu membutuhkan banyak rumput laut pada bidang industri yang ada. Setiap tahunnya, Jepang dapat mengimpor rumput laut Indonesia sebanyak 1,9 ribu ton.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon