Hambatan dan Strategi Pemasaran pada Bisnis Budidaya Teripang

Siapa sangka, teripang yang memiliki bentuk yang tergolong unik dan sedikit menggelikan ini memiliki banyak penggemar. Bahkan, harga jual di pasaran juga cukup tinggi, hal ini yang membuat banyak orang tergiur untuk membudidayakannya.

Sumber: bisnisukm.com

 

Peluang usaha budidaya teripang memang sangat menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Selain dari rasanya yang lezat, kandungan nutrisinya juga sangat baik bagi kesehatan.

 

Hambatan

Walaupun memiliki banyak keuntungan dalam bisnis budidaya teripang ini, ada juga beberapa kendala tersendiri yang harus diketahui oleh para pembudidaya. Kendala yang dimaksud antara lain:

 

  • Teripang termasuk jenis hewan laut yang mengandung banyak air, hal ini membuatnya sangat riskan atau memiliki risiko tinggi terhadap himpitan.

  • Serangan hama penyakit juga merupakan kendala yang dapat terjadi kapan saja. Hama yang biasa menyerang adalah kepiting dan bulu babi. Serangan ini tentu dapat dicegah dengan memastikan kurungan tidak memiliki lubang yang memungkinkan untuk hama-hama tersebut masuk ke kawasan budidaya.

 

Strategi Pemasaran

Teripang biasanya dapat dipasarkan dalam bentuk makanan dan olahan. Untuk itu, menjalin kerja sama dengan produsen pengolahan teripang menjadi kunci sukses dalam pemasaran teripang.

 

Tidak hanya di dalam negeri, teripang juga banyak di ekspor ke beberapa negara Eropa dan Asia, seperti Jepang, Malaysia dan Singapura. Untuk memaksimalkan keuntungan, sebaiknya membudidayakan teripang dari benih yang berukuran dan berusia seragam, sehingga panen dapat dilakukan secara serentak dan tepat waktu, sehingga kualitas dan kuantitas masih dalam keadaan baik yang nantinya akan berdampak pada harga jualnya.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon