Teripang, si Timun Laut yang Kaya akan Manfaat

Teripang merupakan salah satu hewan laut yang memiliki bentuk tubuh yang unik. Hewan yang diketahui berjalan sangat lambat ini memiliki nama latin Hollothuroidea. Julukan yang paling sering didengar oleh banyak orang untuk hewan ini adalah “timun laut”.

 

Julukan tersebut disematkan karena hewan ini juga memiliki bentuk yang menyerupai timun dan sering sekali dijumpai di laut dengan air yang jernih dan dangkal.Teripang sangat mudah untuk ditemukan di laut Asia Pasifik, terutama di Indonesia.

Sumber: mongabay.co.id

 

Walaupun memiliki bentuk yang aneh, hewan satu ini juga bisa dimakan dan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Bahkan, banyak pula masyarakat yang menjadikannya obat dengan cara dimakan mentah-mentah. Pada umumnya, masyarakat lebih memilih untuk menjadikannya makanan dengan cara diolah terlebih dahulu.

 

Melawan Kanker

Teripang diketahui mengandung zat yang disebut dengan sitotoksin. Zat ini diketahui terbukti ampuh dalam melawan sel kanker. Zat ini memiliki efek perlawanan pada lima jenis kanker, termasuk kanker kulit, prostat dan payudara.

 

Studi lain juga menemukan bahwa teripang juga mengandung Ds-echinoside, yaitu sejenis triterpen yang berfungsi dalam mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker pada hati manusia.

 

Walaupun terlihat sangat berguna, penelitian lanjutan juga sangat dibutuhkan untuk mengetahui tingkat kemanjuran dan keamanan dalam menggunakan teripang untuk pengobatan kanker.

 

Mengatasi Masalah Gusi

Menurut Journal of Oral Science, pasta gigi dengan kandungan ekstrak teripang sangat baik bagi orang yang memiliki penyakit gusi. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang meneliti 28 orang dewasa dengan kondisi mengalami gingivitis kronis. Mereka disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak teripang untuk menyikat gigi dua kali sehari dalam tiga bulan.

 

Pada akhir penelitian, para peserta yang menggunakan pasta gigi teripang secara rutin kondisinya semakin membaik yang ditandai dengan gusi jarang berdarah dan plak gigi berkurang.

 

Tinggi Protein

Teripang juga diketahui mengandung tinggi protein. Hal ini disampaikan oleh Subhuti Dharmananda, Kepala Institure for Traditional Medicine di Portland, Oregon mengatakan bahwa hewan ini merupakan salah satu sumber protein yang cukup tinggi. Jadi, bisa dikatakan bahwa mengonsumsi hewan laut ini sangat baik bagi orang yang menderita penyakit jantung.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon