Indonesia di Urutan Keempat Sebagai Eksportir Udang Beku Terbesar Dunia

Udang merupakan salah satu komoditi yang rutin diekspor oleh Indonesia ke berbagai negara. Walaupun neraca dagang produk perikanan Indonesia nomor 1 di Asia Tenggara, namun untuk komoditi udang, Indonesia masih kalah dengan India.

 

Ekspor produk udang beku juga diketahui masih dikuasai oleh India. Indonesia masih kalah jauh dibandingkan dengan India, namun masih mengungguli beberapa negara negara lainnya. Indonesia diketahui masuk ke dalam 5 besar negara eksportir udang beku dunia.

Sumber: maritimenews.id

 

Negara mana sajakah yang masuk ke dalam urutan lima besar sebagai eksportir udang beku dunia? Berikut ini kami ulaskan untuk Anda.

 

1. India

Sejak lama, India sudah merajai pasar ekspor udang di berbagai dunia. Produk udang beku juga tak luput dari kekuasaannya. Sepanjang 2018, India telah kokoh berada di puncak pasar ekspor udang beku dunia dengan perolehan USD 4,4 miliar.

 

2. Ekuador

Salah satu negara dari Amerika Latin juga turut menyumbangkan produk udang bekunya pada dunia. Negara tersebut adalah Ekuador, yang secara aktif memberikan udangnya kepada beberapa negara di dunia. Perolehan ekspor udang beku Ekuador selama 2018 ialah USD 2,9 miliar.

 

3. Vietnam

Negara tetangga satu ini sukses mengalahkan Indonesia pada ekspor produk udang beku. Dengan perolehan mencapai USD 1,9 miliar membuat Vietnam berada di urutan 3 atau satu tingkat di atas Indonesia.

 

4. Indonesia

Indonesia memang dikenal sebagai negara eksportir utama dari produk udang, termasuk udang beku. Total pendapatan pada tahun 2018 dari ekspor udang beku ini adalah USD 1,3 miliar. Pendapatan tersebut membuat Indonesia masuk dalam 5 besar negara eksportir udang beku dunia dan berada di peringkat empat.

 

5. Argentina

Negara selanjutnya diketahui masih dalam benua yang sama dengan Ekuador, ialah Argentina yang berada di urutan kelima sebagai negara eksportir udang beku dunia. Perolehan Argentina pada tahun 2018, sangat tipis dengan yang didapat oleh Indonesia. Secara garis besar, Argentina juga mendapat keuntungan hingga USD 1,3 miliar.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon