Lama Waktu yang Dibutuhkan Dalam Memproduksi Garam

Garam termasuk komponen penting yang sangat dibutuhkan dalam banyak industri. Secara aktif, Indonesia dapat menghasilkan garamnya sendiri, namun jumlahnya belum bisa mencukupi kebutuhan. Hal tersebut dipengaruhi oleh kemampuan produksi garam setiap daerah yang berbeda-beda.

 

Teknologi peningkatan produksi garam sudah banyak ditemukan, namun belum semua daerah-daerah sentral garam Indonesia mengadopsi teknologi tersebut. Alhasil, banyak daerah yang masih bergantung pada sistem konvensional dalam memproduksi garamnya.

Sumber: detik.com

 

Padahal, produksi garam dengan sistem konvensional dinilai masih kurang stabil dalam menghasilkan garam yang banyak dan berkualitas. Lama waktu yang dibutuhkan dari mulai pengambilan air laut hingga menjadi garam dan dipanen juga membutuhkan waktu yang cukup lama, atau kurang lebih sekitar 14 hari.

 

Salah satu teknologi paling sederhana dan tidak memerlukan terlalu banyak biaya adalah dengan memanfaatkan geoembrane sebagai alas pada tambak garam. Geomembrane merupakan lapisan plastik yang terbuat dari High Intensity Polyethylene (HDPE), sehingga membuatnya tahan terhadap cuaca panas sehingga tidak mudah lapuk.

 

Pemakaian geomembrane sebagai alas tambak garam sudah terbukti dapat meningkatkan produktifitas hingga 100%. Selain itu, waktu dalam proses pembuatan garam dapat dipangkas, sehingga panen dapat dilakukan dengan lebih cepat.

 

Percepatan waktu panen ini dipengaruhi oleh sifat geomembrane itu sendiri yang cenderung menyerap panas dari cahaya matahari. Penyerapan panas ini tentu sangat menguntungkan dalam proses kristalisasi. Sehingga, pembentukan kristal garam akan berlangsung lebih cepat.

 

Setelah masa panen tiba, garam akan lebih mudah dipanen dan tidak memerlukan pembersihan yang berarti. Hal ini karena geomembrane memiliki kemampuan dalam menahan tanah dan lumpur tambak dengan baik, serta memiliki kemampuan anti bocor. Sehingga, tanah dan lumpur tambak akan mencemari garam yang akan dipanen. Dengan begitu, kualitas dan kuantitas hasil panen menjadi lebih baik dan lebih banyak bila dibandingkan dengan hanya mengandalkan tambak garam konvensional.

 

Untuk mendapatkan geomembrane HDPE yang asli, sebaiknya Anda membelinya di tempat yang sudah terpercaya dan telah memiliki pengalaman yang baik di bidang pertambakan dan perikanan. ISW Group merupakan toko yang paling tepat bagi Anda untuk mendapatkan geomembrane HDPE dengan harga terbaik dan kualitas nomor 1 di Indonesia.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon