4 Faktor Teknis dan Non Teknis dalam Memilih Lokasi Tambak

Dalam usaha budidaya udang, pemilihan lokasi merupakan syarat krusial yang harus dilakukan secara teliti dan penuh dengan analisa. Dengan demikian, ada beberapa pertimbangan yang harus dipenuhi oleh lokasi tambak agar udang dapat tumbuh dengan baik.

Sumber: malalea.com 

 

Ada beberapa faktor teknis dan non teknis yang harus terpenuhi oleh suatu tambak untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal. Beberapa faktor yang dimaksud adalah:

 

1. Terletak di Daerah Pantai

Lokasi tambak haruslah dekat dengan pantai, hal ini karena daerah pantai menyediakan beberapa kebutuhan yang sangat diperlukan oleh komoditas tambak seperti udang. Beberapa kebutuhan yang dimaksud adalah jenis tanah yang cenderung bertekstur lumpur liat berpasir, serta memiliki jenis air payau yang baik dan berkapasitas cukup besar bagi udang.

 

2. Memiliki Greenbelt

Greenbelt merupakan sebutan untuk kawasan hutan mangrove yang ada di pesisir pantai. Hal ini dibutuhkan karena tanah yang ditumbuhi oleh mangrove biasanya lebih subur dan sangat cocok digunakan untuk usaha pertambakan. Selain itu, mangrove juga berfungsi untuk menahan air pasang sehingga tanah sekitar lokasi tambak tidak mudah tergerus.

 

3. Adanya Sumber Listrik

Energi listrik sangat penting bagi kehidupan tambak, karena sejatinya energi listrik digunakan untuk menggerakkan komponen penunjang pada tambak seperti kincir air yang aktif menyuplai oksigen pada tambak. Penggunaan kincir air pada tambak dilakukan agar udang dapat suplai oksigen secara optimal, sehingga pertumbuhannya akan menjadi semakin baik.

 

4. Dekat dengan Sentra Perekonomian Masyarakat

Ini merupakan faktor pendukung, karena lokasi tambak yang sejak awal berada dalam sentra perekonomian masyarakat merupakan hal yang menarik, sehingga pembudidaya akan lebih mudah dalam memasarkan produknya. Selain untuk memasarkan udang hasil panennya, pembudidaya juga akan lebih mudah dalam mendapatkan bantuan tenaga kerja untuk tambaknya, sehingga semua pihak akan merasa diuntungkan satu sama lain.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon