4 Jenis Ikan Hias yang Dapat Hidup Tanpa Pompa Oksigen

Seperti yang kita ketahui, semua makhluk hidup termasuk ikan pasti membutuhkan oksigen untuk keberlangsungan hidupnya termasuk ikan. walaupun hidup di dalam air, ikan membutuhkan oksigen terlarut yang ada pada air.

 

Pada ikan budidaya, oksigen dihasilkan oleh pompa oksigen atau yang disebut dengan aerator. Namun, ada beberapa jenis ikan hias yang diketahui dapat hidup dengan baik tanpa memerlukan aerator. Dengan kata lain, ikan-ikan ini dapat hidup dalam keadaan minim atau bahkan tanpa oksigen.

 

Ikan Guppy

Sumber: jitunews.com

 

Ikan guppy merupakan jenis ikan hias air tawar yang juga dapat hidup di air payau. Ikan guppy memiliki badan yang kecil dengan ekor yang lebar serta memiliki warna yang beragam.

 

Bentuk tubuhnya yang kecil membuatnya tidak membutuhkan tempat yang luas untuk hidup. Hanya dengan menggunakan akuarium kecil dengan volume minimal 1 liter air, ikan ini sudah bisa hidup dengan baik tanpa memerlukan pompa oksigen.

 

Ikan Platy

Sumber: jitunews.com

 

Ikan platy memiliki banyak jenis yang biasa dikelompokkan berdasarkan bentuk dan warna badannya. Ikan ini juga termasuk ikan yang paling mudah beranak di dalam akuarium.

 

Kebiasaan dari ikan ini adalah suka berenang di dekat permukaan air dan tak jarang juga ikan ini meloncat keluar. Karena kebiasaan ini, ikan ini mampu bertahan hidup di dalam akuarium yang tak memiliki pompa oksigen atau blower.

 

Ikan Molly

Sumber: jitunews.com

 

Ikan molly juga memiliki banyak jenis, pengelompokkannya juga sama seperti ikan platy, yakni berdasarkan warna dan bentuk badannya. Ikan ini juga memiliki kebiasaan cenderung berenang di dekat permukaan air

 

Ikan Cupang

Sumber: jitunews.com

 

Ikan cupang memang dikenal sebagai ikan hias yang paling mudah untuk dipelihara. Ikan ini dapat dipelihara dalam akuarium yang tidak memiliki lampu dan pompa oksigen. Jenis ikan cupang juga bermacam-macam, dan yang paling mudah ikan ini digolongkan menjadi 2, yaitu ikan cupang aduan dan ikan cupang hias.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon