Faktor Pemicu Terjadinya Kanibalisme pada Ikan Lele

Ikan lele merupakan ikan budidaya yang memiliki sifat kanibalisme. Sifat kanibal inilah yang menjadi salah satu kendala dalam budidaya ikan lele. Apabila tidak dilakukan pengendalian, maka hasil panen nantinya akan mengalami penurunan.

Sumber: infoakuakultur.com

 

Kerugian yang diakibatkan dari adanya sifat kanibalisme ini dapat diminimalisir dengan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan munculnya sifat ini. Berikut beberapa faktor pemicu terjadinya sifat kanibalisme pada ikan lele.

 

Kanibalisme Akibat Perbedaan Ukuran

Perbedaan ukuran pada lele ini sering terjadi karena laju pertumbuhan yang tidak seragam antar sesama benih.  Akibatnya, benih yang memiliki ukuran lebih besar akan mendominasi sehingga terjadi intimidasi terhadap benih yang masih berukuran kecil.

 

Perbedaan ukuran ini disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor alami dan kesengajaan atau lalai. Faktor alami yang dimaksud menjuru kepada sifat genetik, kesehatan dan daya tahan tubuh ikan tersebut sehingga membuatnya lebih cepat tumbuh atau sebaliknya.

 

Faktor kesengajaan atau kelalaian terjadi karena pembudidaya malas atau tidak mau menyeragamkan ukuran ikan yang dipelihara, sehingga terjadinya campuran antara ikan besar dan ikan kecil.

 

Dominasi oleh ikan besar ini membuatnya menjadi lebih rakus dalam perebutan makanan. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan munculnya sifat kanibalisme yang membuatnya memangsa temannya sendiri.

 

Kanibalisme Akibat Padat Tebar Terlalu Tinggi

Memelihara ikan dalam jumlah yang besar dengan media yang terbatas akan membuat ruang gerak ikan menjadi terbatas yang menimbulkan persaingan dalam perebutan makanan dan oksigen menjadi lebih tinggi.

 

Suasana tersebut juga menjadi salah satu pemicu munculnya sifat kanibalisme pada lele, sehingga membuatnya terpacu untuk saling memangsa. Biasanya, kondisi ini juga membuat tingkat emosional benih ikan menjadi tinggi, namun tidak membuatnya saling memangsa melainkan membuatnya untuk saling berkelahi satu sama lain yang berakibat pada kematian.

 

Kanibalisme Akibat Keterlambatan Memberi Pakan

Keterlambatan dalam memberi pakan dapat terjadi karena kelalaian dari pembudidaya sendiri. Keterlambatan yang terjadi cukup lama akan membuat ikan menjadi gelisah. Kegelisahan tersebut kemudian mendorong timbulnya sifat kanibalisme pada ikan sehingga ikan menjadi agresif dan memangsa temannya sendiri.

 

Kanibalisme Akibat Stres Lingkungan

Lingkungan yang kondusif dengan parameter yang selalu stabil akan memberikan suasana tenang bagi ikan. Untuk itu, anda sebagai pembudidaya sudah seharusnya untuk mempertahankan suasana tersebut demi menghindari ikan stres.

 

Hal ini karena stres lingkungan juga diketahui dapat menimbulkan sifat kanibalisme pada ikan terutama lele. Ikan-ikan yang setres akan sulit untuk dikendalikan dan akan menjadi lebih agresif. Dengan keadaan agresif membabi buta, membuatnya cenderung memangsa satu sama lain.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon