Cara Mencegah Timbulnya Kanibalisme pada Lele

Budidaya lele memiliki potensi yang besar untuk berhasil. Hal ini karena ikan lele tergolong ikan yang dapat tumbuh dengan cepat, jenis pakannya relatif mudah didapat serta kolam dengan sirkulasi layaknya ikan air tawar lainnya.

 

Terdengar mudah, namun tetap saja budidaya ikan lele memiliki kendala tersendiri. Salah satunya adalah timbulnya sifat kanibalisme pada lele yang dapat menimbulkan kerugian cukup besar.

Sumber: jurnal.id

 

Untuk itu, sebelum sifat tersebut muncul sebaiknya anda melakukan tindakan pencegahan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda coba untuk mencegah timbulnya sifat kanibalisme pada ikan lele.

 

Jangan Membudidayakan Lele di Air Jernih

Membudidayakan lele dalam jumlah banyak menggunakan air jernih karena hal ini akan meningkatkan sifat kanibalisme pada lele. Air yang jernih memungkinkan ikan lele untuk melihat satu sama lain. Sifatnya yang agresif akan memengaruhi perilaku dari lele, sehingga saat merasa lapar sedikit saja dan melihat ikan lainnya maka mereka akan cenderung saling serang.

 

Jangan Terlambat Memberi Pakan

Ikan lele tergolong ke dalam jenis ikan yang rakus dan mudah lapar. Untuk itu, memberi pakan dengan waktu yang tepat merupakan sebuah keharusan. Karena, jika pakan terlambat diberikan, maka ikan lele akan merasa lapar dan saat itu juga ikan lele akan mencoba memakan apa saja yang ada di dekatnya termasuk kawannya sendiri.

 

Melakukan Penyortiran Ukuran

Metode ini memang tergolong cukup rumit untuk dilakukan, namun cukup efektif untuk mencegah kanibalisme antar ikan. penyortiran sebaiknya dilakukan 1 atau 2 minggu sekali dengan memisahkan ikan yang memiliki ukuran lebih kecil dari kawanan ikan besar.

 

Hal ini karena ikan besar akan lebih mendominasi dan tak jarang ikan besar akan melahap ikan yang memiliki ukuran lebih kecil.

 

Memberi Azola pada Kolam

Azola bermanfaat sebagai pakan alternatif bagi lele, dan dapat menjadi makanan pengganjal lapar saat lele merasa lapar.  Pemberian azola pada kolam bertujuan untuk menunda rasa lapar lele sehingga sifat kanibalisme dapat diminimalisir sebelum akhirnya pakan utama diberikan.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon