Cara Memasukkan Ikan ke Dalam Akuarium Untuk Pertama Kali

Saat anda membeli ikan untuk dimasukkan ke dalam akuarium, biasanya ikan akan ditempatkan dalam plastik tempat sementara. Hal ini ternyata membuat ikan sudah merasa nyaman pada tempat tersebut.

 

Dapat dikatakan bahwa, untuk memasukkan ikan yang baru anda beli ke dalam akuarium membutuhkan usaha adaptasi ikan dengan lingkungan akuarium anda, sehingga ikan tidak stres dan dapat hidup dengan normal.

Sumber: pertanianku.com 

 

Untuk itu, simaklah beberapa cara memasukkan ikan ke dalam akuarium di bawah ini.

 

Usahakan Secepatnya Ikan Dibawa Pulang

Pada saat anda membeli ikan, maka ikan akan dimasukkan ke dalam wadah plastik sementara. Untuk itu, usahakan agar ikan cepat dibawa pulang agar masa penembapatan di dalam kantung plastik juga tidak terlalu lama. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat stres pada ikan serta membantu ikan untuk beradaptasi dengan cepat pada lingkungan akuarium anda nantinya.

 

Matikan Lampu Akuarium

Saat hendak memasukkan ikan dalam akuarium, sebaiknya ada meredupkan atau mematikan lampu akuarium. Mematikan akuarium terbukti dapat membuat ikan baru yang akan dimasukkan ke dalam akuarium menjadi lebih tenang. Pastikan pula untuk menempatkan tanaman atau bebatuan dalam akuarium anda. Kedua komponen tersebut disediakan sebagai tempat persembunyian ikan baru nantinya pada saat proses adaptasi sehingga tingkat stres ikan akan berkurang.

 

Letakkan Kantung Plastik di Permukaan Akuarium

Biarkan kantung plastik mengambang pada permukaan air akuarium selama 15 sampai 20 menit untuk memberikan kesempatan pada ikan untuk membiasakan diri dengan suhu air pada akuarium.

 

Selanjutnya, buka kantung plastik tersebut kemudian ciduk air akuarium menggunakan gayung lalu masukkan ke dalam kantung plastik tersebut hingga jumlah air dalam kantung plastik dan air akuarium menyatu dengan perbandingan 50:50.

Biarkan kantung plastik sekali lagi untuk mengambang pada permukaan akuarium selama 15 sampai 20 menit.

 

Memasukkan Beberapa Ikan Sekaligus

Memasukkan beberapa ikan sekaligus dilakukan agar ikan yang sudah ada di akuarium juga terbiasa dengan ikan yang baru. Hal ini dilakukan agar tidak adanya upaya intimidasi oleh ikan lain, karena umumnya ikan yang sudah ada akan cenderung lebih memiliki banyak teman.

 

Caranya adalah masukkan ikan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 2-4 ekor ikan, secara perlahan menggunakan jaring. Selanjutnya terus pantau perilaku ikan serta lihat apakah ada tanda-tanda penyakit atau tidak.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon