7 Penyakit yang Sering Sekali Menyerang Ikan Koi

Dalam proses budidaya, salah satu hal yang dapat terjadi kapan saja adalah serangan dari hama dan penyakit. Baik budidaya ikan konsumsi maupun ikan hias, keduanya tentu tak luput dari permasalahan tersebut.

 

Ada banyak penyakit yang bisa menyerang ikan koi, namun yang diketahui paling sering menyerang ikan koi ada 13 penyakit. Berikut ini 13 penyakit itu.

 

1. Bintik Putih

 

Penyakit bintik putih ini biasanya muncul di permukaan kulit ikan yang lama kelamaan dapat meluas ke bagian tubuh lainnya, meliputi insang, sirip dan lain-lain. Penyakit ini juga sering sekali menyerang ikan konsumsi seperti nila, mujair, ikan mas dan lainnya.

 

Patogen pada penyakit ini akan menyerap cairan tubuh dari ikan koi, dan dalam jangka waktu tertentu penyakit ini dapat mengakibatkan koi menjadi kurus hingga akhirnya mati.

 

2. Penyakit Kapas Putih

 

Penyakit ini paling sering menyerang koi yang dalam keadaan terluka. Jamur akan menyerang dan tumbuh pada bagian tubuh koi yang mengalami luka. Disebut sebagai penyakit kapas putih karena jamur yang tumbuh pada tubuh koi menyerupai kapas.

 

3. Penyakit Cacing Jangkar

 

Penyakit ini disebabkan oleh parasit lernea atau biasa disebut dengan cacing jangkar. Parasit ini sangat mudah dilihat oleh mata, dan biasanya parasit ini menempel pada bagian luar tubuh ikan koi atau pada insangnya.

 

Parasit ini menyerap tubuh ikan sehingga ikan menjadi lemah dan kurus yang dapat berakhir pada kematian. Parasit ini diketahui dapat berkembang biak dengan cepat. Jika seekor koi diketahui telah terserang oleh parasit ini dan tidak segera ditangani, maka dapat dipastikan dalam waktu singkat ikan koi lain yang ada dalam kolam juga akan mengalami hal yang sama.

 

4. Jamur pada Batang Insang

 

Gejala dari penyakit ini adalah menurunnya nafsu makan ikan koi serta terlihat malas untuk menggerakkan insangnya. Jika dilihat secara seksama, maka akan terlihat adanya warna putih pada batang insang. Jamur pada insang ini dapat menyebar keluar area insang jika tidak segera ditangani dana kolam dalam keadaan kotor serta suhu airnya yang tinggi.

 

5. Dropsy

 

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang membuat sisik ikan koi mengelupas serta tubuh ikan koi terlihat membengkak. Dengan kondisi tubuh yang seperti itu, tentu ikan koi menjadi sulit untuk berenang dan mengalami sesak napas.

 

6. Aeromonas

 

Penyebab utama dari penyakit ini adalah bakteri Aeromonas hydrophilia. Penyakit ini menimbulkan luka pada bagian luar tubuh ikan koi. Luka yang ditimbulkan mirip seperti borok berwarna merah. Penyakit ini cukup mematikan apabila tidak segera ditangani dengan baik.

 

7. Sirip dan Ekor Busuk

 

Penyakit ini merupakan terusan dari penyakit aeromonas. Infeksi yang berkembang akhirnya menyerang sirip dan ekor ikan yang mengakibatkan kedua bagian tubuh tersebut mengalami pembusukan.

 

 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon