Axolotl, Ikan Hias Berkaki Asal Meksiko yang Curi Perhatian Dunia

Jika membayangkan ikan berkaki, tentu anda akan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan hal yang mustahil. Namun, kemustahilan tersebut terjawab dengan adanya ikan dari Meksiko satu ini.

 

Nama ikan itu adalah Axolotl, diambil dari bahasa Aztec yang berarti anjing air. Axolotl diketahui masih bersepupu dekat dengan tiger salamander.

Sumber: jitunews.com

 

Uniknya, hewan ini dapat bermetamorfosis hanya saat dalam keadaan terpaksa, yaitu saat tempat hidup mereka kehilangan sumber air atau airnya mengering, maka axolotl dapat bermetamorfosis ke anatomi tubuh yang mendukung hidup axolotl di darat dan akan berubah ke bentuk semula setelah sudah ada air.

 

Ikan Unik

Dikatakan sebagai ikan unik karena dapat dilihat dari ciri fisiknya. Bentuk dari ikan ini dilihat secara langsung seperti kadal tapi memiliki sirip. Pada sisi kiri dan kanannya pada kepalanya terdapat tida helai insang lengkap dengan rumbai-rumbainya.

 

Tidak seperti insang ikan pada umumnya yang tertutup, insang dari ikan ini malah mencuat keluar. Tubuhnya tidak bersisik, sehingga kerutan tubuhnya akan terlihat dengan jelas ketika ia berkelak-kelok saat berenang. Karena penampilannya, ikan ini dinobatkan sebagai ikan aneh, namun harganya sangat tinggi.

 

Kelebihan

Selain bentuk fisiknya, Axolotl juga memiliki kemampuan yang unik, yakni dapat menumbuhkan kembali bagian tubuhnya yang hilang, termasuk beberapa bagian yang ada di kepalanya. Kemampuan ini tentu mengingatkan kita kepada cicak.

 

Pada alam liar, Axolotl kerap kali menjadi incaran predator dan sering kali digigit bagian ekor atau kakinya, belum lagi ujung dari tubuhnya tergolong rapuh sehingga sangat mudah rusak.

 

Kemampuan menumbuhkan bagian tubuh tersebut akibat dari adanya sel pokok (stem cell) yang akan berlipat ganda disaat ada jaringan yang lenyap atau hilang. Sel hasil dari pembelahan dan penggandaan ini nantinya akan mengisi tempat dari jaringan yang telah hilang. Axolotl juga termasuk salamander yang memiliki umur panjang dan dapat hidup selama 10 hingga 15 tahun serta dapat berkembang hingga sepanjang 60 cm.

 

Terancam Punah

Populasi Axolotl terancam punah akibat dari adanya pembangunan yang dilakukan pada danau-danau tempat mereka biasa hidup untuk mencegah terjadinya banjir musiman di Meksiko, sehingga jumlah air di danau semakin menyusut dan habitatnya menjadi terganggu.

 

Jumlah Axolotl di alam tidak diketahui secara pasti, namun populasi diperkirakan semakin menurun dari sekitar 1.500 per mil persegi pada tahun 1998 menjadi hanya sekitar 25 per mil persegi pada tahun 2011.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon