10 Jenis Ikan Mas Koki yang Paling Kuat dan Mudah Dipelihara

Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias yang juga banyak diminati oleh pecinta ikan setelah ikan koi. Walaupun namanya ikan mas, bukan serta merta selalu memiliki warna kuning yang menyerupai emas.

 

Ikan koi diketahui memiliki banyak jenis dengan warna yang berbeda, ada yang berwarna putih, kuning, biru hingga hitam. Kombinasi warnanya yang unik dan indah tentu membuat banyak orang semakin terpana.

 

Jika anda berminat untuk memelihara ikan mas koki, maka sebaiknya carilah jenis yang paling mudah untuk dipelihara serta memiliki daya tahan yang tinggi, sehingga tidak gampang terserang penyakit. Berikut ini 10 jenis ikan mas koki yang diketahui memiliki daya tahan yang tinggi serta gampang untuk dipelihara.

 

1. Common Goldfish/Ikan Mas Standar

Sumber: ekor9.com

 

Dari namanya, kita tentu dapat menebak ciri dari ikan yang satu ini, ya ikan ini memiliki warna standar ikan mas pada umumnya, yaitu kuning keemasan. Kelebihan dari ikan mas koki ini adalah dapat beradaptasi dengan baik pada kolam terbuka. Mereka juga diketahui sangat toleran terhadap air yang sedikit tercemar. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan alasan untuk anda malas untuk rutin membersihkan air pada kolam atau akuarium anda.

 

2. Comet Goldfish/Ikan Komet

Sumber: ekor9.com

 

Ciri fisik dari ikan mas jenis ini adalah memiliki warna dasar tubuh putih dengan corak merah di sekeliling tubuhnya. Siripnya juga terlihat kaku dengan tubuh yang langsing. Sirip ekornya bercabang dengan panjang hampir menyamai panjang tubuhnya.

 

3. Shubunkin Goldfish/Ikan Mas Shubunkin

Sumber: ekor9.com

 

Ikan mas koki jenis ini merupakan ikan dengan kombinasi warna terbanyak pada tubuhnya. Jika dilihat dari gambar, ada sedikit percikan warna merah, oranye, kuning, hitam cokelat, putih abu, biru hingga ungu. Jika corak birunya terlihat lebih banyak, maka harga jualnya juga akan semakin tinggi. Selain itu, ikan jenis ini juga dianggap tangguh, dapat berenang dengan cepat serta banyak makan.

 

4. Fantail Goldfish

Sumber: ekor9.com

 

Jika dibandingkan dengan ikan mas koki jenis lainnya, maka ikan ini dinilai menjadi yang paling kuat. Warna tubuhnya terlihat sangat elegan, yaitu campuran antara merah dan oranye yang membentuk degradasi warna yang sempurna.

 

5. Black Moor Goldfish

Sumber: ekor9.com

 

Berbeda dengan ikan mas koki jenis lain, ikan ini memiliki warna hitam legam. Ikan mas koki yang satu ini diketahui memiliki daya tahan yang tinggi dan dapat bertahan pada air dengan suhu yang rendah atau dingin. Selain itu, ikan ini juga dapat beradaptasi pada kolam luar ruangan sehingga banyak para pemula yang memilih ikan ini untuk dipelihara.

 

6. Lionhead Goldfish

Sumber: ekor9.com

 

Nama yang disematkan pada ikan mas koki jenis ini terinspirasi dari tudung berdaging yang mengelilingi wajahnya. Meski tergolong lembek, tudung tersebut ternya tidak mudah robek saat tergesek sesuatu. Ikan mas ini juga tidak memiliki sirip dorsal, sehingga kemampuan renangnya tidak sebaik ikan mas koki jenis lain.

 

7. Oranda Goldfish

Sumber: ekor9.com

 

Mirip seperti ikan mas lionhead, ikan mas oranda ini juga memiliki bentuk kepala yang unik, yakni adanya tudung berdaging di atas kepalanya yang terlihat menyeruapi sanggul. Warna dasar dari ikan ini adalah putih keperakan yang membuatnya terlihat elegan dan indah.

 

8. Celestial Goldfish

Sumber: ekor9.com

 

Penglihatan ikan ini tergolong terbatas, karena memiliki posisi mata yang mengarah agak ke atas. Untuk dapat berenang dengan baik, ikan ini perlu memposisikan diri dengan baik. Tak memiliki sirip punggung juga membuat ikan ini berenang menjadi semakin lambat.

 

9. Bubble Eye Goldfish

Sumber: ekor9.com

 

Nama dari ikan ini didapat dari bentuk matanya yang menyerupai gelembung. Pada dasarnya, gelembung tersebut merupakan kantung mata yang berisi cairan yang terletak di bawah indera penglihatannya. Hal tersebut cukup mengganggu penglihatannya. Kemampuan renang ikan ini juga dinilai cukup buruk, bahkan mereka tidak dapat menghadapi arus sekecil apapun.

 

10. Ryukin Goldfish

Sumber: ekor9.com

 

Ciri fisik dari ikan ryukin adalah adanya punuk besar yang berada di belakang kepalanya. Mereka juga memiliki sirip dorsal yang memudahkannya dalam berenang. Pilihan warna dari ikan ini juga beragam, mulai dari oranye, merah, putih dan calico. Semakin panjang dan menjuntai siripnya, maka harga ikan ini juga semakin mahal.

 

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon