Lakukan Hal ini Saat Meninggalkan Kolam Koi Selama Liburan

Saat ini kita sudah memasuki bulan suci ramadhan, dimana para umat muslim dituntut untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Ramadhan tentu tak terlepas dari nuansa lebaran setelahnya, dan pastinya lebaran akan sangat erat kaitannya dengan liburan atau mudik.

 

Bagi penghobi ikan hias, mudik menjadi sesuatu yang menggemberikan sekaligus mencemaskan. Pasalnya, para pemelihara ikan hias akan meninggalkan peliharaannya di rumah selama ia liburan.

 

Pada saat ditinggalkan, tentu ikan tidak dalam pengawasan si pemelihara. Hal ini tentu meningkatkan kekhawatiran, karena bisa saja selama ikan ditinggalkan akan mati atau mengalami hal-hal buruk lainnya.

Sumber: dekoruma.com

 

Untuk itu, pada tulisan kali ini kami akan membagi tips mengenai apa yang harus dilakukan saat kolam ikan koi ditinggal selama liburan, sehingga anda tak perlu panik dan bisa lebih menikmati liburan anda.

 

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan backwash atau pembersihan air kolam. Kegiatan ini dilakukan setidaknya seminggu sebelum anda berangkat mudik atau liburan. Backwash dilakukan dengan mengurangi air kolam sebanyak 20 hingga 30 persen dari tinggi permukaan air awal sembari membersihkan chamber (ruang penyaring air). Setelah itu, maka anda dapat mengisi kolam dengan air sesuai dengan yang telah dibuang hingga mencapai tinggi permukaan semula.

 

Komponen lainnya yang juga perlu dibersihkan adalah pompa-pompa air, filter pompa udara (aerator). Sebagai antisipasi, sebaiknya anda memasang aerator listrik tambahan agar saat ada pompa yang tidak bekerja dengan baik, maka kolam akan tetap memiliki cadangan oksigen.

 

Saat anda liburan, sebaiknya suruh orang untuk sekedar mengawasi kolam dan memberikan pakan pada ikan sebanyak sekali sehari, namun anda harus menyiapkan pakannya terlebih dahulu dan pastikan bahwa pakan tersebut mengandung cukup tinggi protein. Tujuannya adalah agar koi tidak kurus selama ditinggal pergi, serta pemberian pakan sekali sehari agar koi tidak menghasilkan banyak kotoran.

 

Namun, jika memang tidak ada orang yang bisa anda mintai bantuan, maka bisa saja ikan anda puasakan selama anda pergi liburan. Tapi ingat, waktu puasa maksimal ikan koi hanya sekitar 2 bulan, selebihnya maka ikan menyusut atau kemungkinan terburuknya ikan akan mati.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon