Kontrol Keasaman Kolam Ikan dengan Pemberian Garam

Tingkat keasaman pada kolam ikan sangat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ikan. Apalagi pada saat musim hujan, kadar keasaman air kolam akan menjadi semakin asam. Hal tersebut tentu bukan merupakan keadaan optimal untuk ikan dapat hidup.

 

Tingginya kadar asam pada kolam dapat menyebabkan ikan menjadi jamuran, serta terserang macam penyakit lainnya. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah mengembalikan keadaan tersebut menjadi optimal kembali.

Sumber: cnnindonesia.com

 

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan tingkat keasaman pada kolam ikan adalah garam. Selain murah, garam juga aman bagi ikan sehingga anda tak perlu khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan pada ikan anda.

 

Garam yang digunakan dapat berupa garam dapur atau garam yang dibuat khusus untuk perikanan. Nutrilime termasuk salah satu produk yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan kadar pH air kolam anda, sehingga kondisi keasaman pada kolam menjadi lebih stabil.

 

Jumlah garam yang diberikan juga harus disesuaikan dengan luas kolam yang ada, karena jika memberikannya secara berlebihan, maka pH air akan naik dan akan bersifat basa. Seperti yang kita ketahui bahwa, kolam yang bersifat basa juga sangat tidak dianjurkan untuk ikan.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon