Pengusaha Desak Pemerintah Untuk Percepat Penerbitan SNI Patin

Pada pengusaha memintapemerintah untuk segera menuntaskan penyusunan standar nasional Indonesia atau SNI untuk ikan patin demi melindungi pasar dalam negeri sekaligus memperkuat pasar ekspor.

 

Direktur Central Pertiwi Bahari, Samiono yang juga merupakan Ketua Bidang Pengembangan Industri Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI), mengatakan penyusunan SNI telah dimulai. Bahkan, draf standar telah rampung dibuat. Namun, Samiono belum bisa menyebutkan kapan SNI tersebut akan diterbitkan.

Sumber: sipendik.com 

 

Menurutnya, SNI ini harus segera diterbitkan karena akan membutuhkan waktu paling cepat satu tahun bagi pelaku industri untuk bisa melakukan penyesuaian hingga pemberlakuan SNI tersebut bersifat wajib.

 

Wajib SNI pada ikan patin dinilai bisa menjadi perlindungan terhadap patin dalam negeri serta menangkal adanya patin impor. Dari segi kualitas, dia menjamin bahwa patin Indonesia khususnya yang tergabung dalam APCI diketahui jauh mengungguli produk-produk dari negara lain, khususnya patin dari Vietnam yang saat ini diketahui mendapat penolakan dari berbagai negara.

 

Namun, untuk segi harga ia mengakui bahwa produk Indonesia memang sedikit lebih mahal. Salah satu aspek yang membuat ikan patin Indonesia lebih unggul dibandingkan dengan produk serupa dari negara lain ialah penggunaan sumber airnya yang bersih.

 

Selain itu, metode budidaya ikan patin di Indonesia diketahui memiliki tingkat kepadatan yang rendah sehingga membuatnya unggul dari sisi kesejahteraan hewan. Tidak hanya itu, budidaya patin di Indonesia juga tidak menggunakan antibiotik sehingga ikan menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon