Manfaat Daun Pepaya pada Budidaya Ikan Lele

Budidaya lele termasuk ke dalam bisnis yang paling digemari oleh masyarakat. Hal ini dipicu oleh kestabilan permintaan ikan lele yang ada di pasaran. Ikan lele juga termasuk ke dalam ikan yang paling mudah dibudidayakan, karena dapat hidup dalam keadaan apapun, termasuk dalam air yang keruh sekalipun.

Sumber: tribunnews.com 

 

Walaupun demikian, kesehatan ikan lele juga harus diperhatikan, karena ikan lele juga dapat terinfeksi oleh penyakit jika lingkungan hidupnya tidak dikontrol dengan baik. Daun pepaya termasuk salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah ikan lele terinfeksi penyakit.

 

Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain dari daun pepaya dalam budidaya ikan lele, di antaranya adalah:

 

  • Menenangkan ikan, sehingga dapat bersifat lebih santai dan tidak agresif. Caranya ialah dengan mencincang halus daun pepaya kemudian remas hingga lumat dan dilanjutkan dengan menebarkannya ke dalam kolam sebagai pakan.

  • Mengurangi sifat kanibalisme pada ikan lele. Caranya ialah cincang daun pepaya hingga benar-benar lembut, kemudian beri molase secukupnya serta aduk hingga merata, selanjutnya diamkan selama 15 menit sebelum akhirnya diberikan pada ikan.

  • Mensterilkan kolam dari penyakit dengan cara cincang daun pepaya beserta batangnya dengan perbandingan 1 genggam per 1 meter persegi, kemudian tumbuk hingga halus dan ditebarkan ke seluruh penjuru kolam.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon