4 Langkah Memulai Usaha Kolam Pemancingan

April 30, 2019

Semakin hari, semakin banyak dijumpai kolam-kolam pemancingan di berbagai daerah. Hal tersebut ternyata didorong oleh minat masyarakat yang gemar memancing semakin meningkat.

 

Daya tarik tersebut membuat banyak orang mulai terjun ke dalam usaha kolam pancing. Walaupun jarang dibahas, ternyata bisnis kolam pemancingan ini cukup menjanjikan. Oleh karena itu, usaha kolam pemancingan ikan ini menjadi salah satu bentuk bisnis yang memiliki prospek bagus untuk kedepannya.

Sumber: kompasiana.com 

 

Bagi anda yang ingin mencoba bisnis tersebut, alangkah baiknya untuk memahami langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam memulai usaha kolam pemancingan ini.

 

1. Persiapan Lokasi

Siapkan lahan yang cukup luas, karena lahan tersebut nantinya tidak hanya akan dijadikan kolam, melainkan juga menjadi tempat bersantai bagi para pemancingnya. Pastikan bahwa lokasi tersebut berada di daerah yang cukup ramai masyarakatnya, sehingga usaha anda akan lebih mudah dilirik oleh masyarakat, terutama yang memiliki hobi memancing. Penataan lokasi harus dilakukan sebaik dan semenarik mungkin, demi meningkatkan kenyamanan para pengunjung.

 

2. Pembuatan Kolam

Buatlah beberapa kolam dengan bentuk kotak maupun persegi panjang. Isi kolam-kolam tersebut dengan ikan yang berbeda usia. Pastikan juga bahwa suhu air kolam tetap dalam keadaan stabil, untuk itu pastikan air kolam selalu dalam keadaan mengalir.

 

3. Jenis Ikan yang Digunakan

Banyak jenis ikan yang bisa digunakan untuk mengisi kolam pemancingan, namun yang paling sering digunakan adalah ikan mas, ikan gurami, ikan lele, ikan bawal dan ikan nila. Ikan-ikan tersebut banyak digunakan karena dikenal sangat mudah untuk dibudidayakan serta lebih tahan terhadap penyakit.

 

4. Pemeliharaan Kolam Pemancingan

Pemeliharaan kolam pemancingan sangat penting dilakukan agar ikan yang ada tetap dalam keadaan sehat. Untuk itu, perlu dilakukan pembersihan secara berkala serta pemberian pakan harus dilakukan dengan tepat waktu.

 

Pengontrolan pada ikan juga harus tetap dilakukan agar dapat diketahui apakah ada ikan yang terindikasi sakit atau tidak, jika terdapat ikan yang sakit, maka sebaiknya keluarkan dari kolam sebelum menularkannya kepada ikan lainnya.  

 

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon