Kesulitan yang Dihadapi Saat Membudidayakan Belut

April 24, 2019

Belut termasuk jenis ikan berbentuk unik menyerupai ular tanpa sisik dengan lendir di sekujur tubuhnya. Walaupun terdengar sedikit menggelikan, ternyata belut memiliki rasa daging yang lezat serta mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan.

 

Belut juga memiliki banyak peminat, bahkan banyak rumah makan menyajikan belut sebagai menu andalannya. Hal ini tentu menarik minat banyak orang untuk memulai membudidayakan belut.

Sumber: jualkolamterpal.co 

 

Untuk itu, sebelum anda memulai membudidayakan belut, ada baiknya anda mengetahui kesulitan-kesulitan yang akan anda hadapi nantinya.

 

Hal pertama yang dianggap cukup menyulitkan dalam budidaya belut adalah ketersediaan air yang digunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa belut pada habitat aslinya hidup dengan kondisi air yang banyak dan dalam keadaan mengalir.

 

Untuk itu, anda diwajibkan untuk mengganti air dengan rutin saat membudidayakan belut. Maka, pastikan bahwa lokasi yang akan anda gunakan memiliki akses yang mudah terhadap sumber air.

 

Hal kedua adalah penyediaan pakan, karena belut dikenal sebagai hewan karnivora sejati, maka anda dituntut untuk menyediakan pakan yang berasal dari hewan lain seperti daging, jeroan, cacing, dan lain-lain.

 

Pakan belut buatan pabrik juga masih belum tersedia di pasaran, dengan demikian anda harus tetap sabar untuk berkutat dalam menyiapkan pakan alternatif seperti yang disebutkan sebelumnya. Namun anda tak perlu khawatir, karena beberapa pakan alternatif tersebut saat ini sudah bisa dibeli di tempat-tempat penjualan pakan ikan.

 

Demikian ulasan dari kami mengenai kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi pada proses budidaya belut. Semoga dapat memberikan gambaran serta dapat menjadi acuan yang baik untuk anda.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon