Cara Mudah Menemukan Lubang Kebocoran pada Kolam Beton

April 24, 2019

Pada budidaya ikan di kolam, kebocoran merupakan suatu masalah yang paling sering dijumpai. Baik kolam terpal maupun kolam beton, keduanya sama-sama memiliki risiko kebocoran.

 

Berbeda dengan kolam terpal yang sangat mudah diidentifikasi dan ditemukan kebocorannya, kolam beton cukup sulit diidentifikasi kebocorannya serta tidak mudah ditemukan lubang kebocorannya.

Sumber: caraperbaiki.com 

 

Meskipun begitu, ada cara praktis yang dapat anda coba untuk menemukan lubang kebocoran pada kolam beton dengan mudah.

 

Caranya adalah anda tinggal mengisi kolam yang telah teridentifikasi mengalami kebocoran dengan air bersih hingga penuh. Kemudian, diamkan kolam selama beberapa saat dan dilanjutkan dengan mengosongkan kolam hingga benar-benar kosong.

 

Pada saat proses pengosongan berlangsung, anda dapat memperhatikan dinding dan dasar kolam dengan seksama. Jika ditemukan ada bagian dasar kolam yang mengering paling akhir, maka dapat dipastikan bahwa bagian tersebutlah yang mengalami kebocoran.

 

Langkah selanjutnya adalah menandai bagian-bagian mana saja yang terindikasi mengalami kebocoran, kemudian biarkan kolam benar-benar kering. Setelah itu, anda dapat menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk menempel bagian-bagian yang dianggap bocor tersebut hingga lubang tertutup dengan rapat.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon