Harga Pakan Udang Naik, Petambak Andalkan Kepala Ikan Teri

April 20, 2019

Pakan merupakan komponen penting dalam keberhasilan tambak. Seperti kita ketahui bahwa udang membutuhkan pakan yang cukup banyak untuk proses pertumbuhannya.

 

Namun, akhir-akhir ini pakan udang diketahui mengalami kenaikan harga. Dengan adanya hal tersebut, maka para petambak udang vaname saat ini mengandalkan kepala ikan teri sebagai pakan udang.

Sumber: medanbisnisdaily.com 

 

Sayangnya, kepala ikan teri yang sebelumnya dianggap memiliki harga yang stabil ternyata juga turut mengalami kenaikan.

 

Hal ini juga bersinergi dengan pernyataan dari Maruli Siregar, seorang petambak yang berasal dari Dusun Tangkahan Batak,  Desa Pasar Rawa, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat mengatakan bahwa kepala ikan teri semua hanya Rp 6.000 per kilo, namun saat ini sudah mencapai Rp 8.000 per kilo.

 

“Umumnya petambak intensif sudah tidak menggunakan pakan pabrikan karena harganya tidak terjangkau, sehingga limbah ikan teri yakni kepala dan abu ikan teri dijadikan sebagai pakan udang alternatif, ini pun juga mengalami kenaikan. Saat ini Rp 8.000 per kilo”, sebutnya.

 

Tenyata, pakan udang dari kepala teri ini tidak dapat diperoleh di kedai-kedai maupun grosir ikan kering yang ada di pasaran. Pakan buatan ini sudah banyak dimiliki kalangan pedagang pengumpul abu teri yang menjadi pemasok ke toko-toko udang.

 

“Walaupun dianggap limbah, dulunya tidak laku dan hanya untuk pakan babi, namun saat ini sudah dijadikan pakan udang. Petambak biasanya membeli dari toke penampung udang dan penyedia benur”, tutupnya.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon