3 Cara Merangsang Ikan Gurame Agar Cepat Bertelur

April 18, 2019

Ikan gurame yang cepat bertelur merupakan idaman bagi para pembudidaya. Pasalnya, semakin cepat bertelur, maka proses budidaya dapat dilaksanakan lebih cepat sehingga panen juga akan terjadi lebih cepat.

 

Untuk membuat ikan gurame cepat bertelur tentu memerlukan waktu dan harus melewati tahap pemijahan terlebih dahulu. Namun, ikan gurame terkenal sebagai ikan yang memiliki masa kawin lama dibandingkan dengan ikan lain.

Sumber: infoikan.com 

 

Untuk itu, tahap awal yang harus dilakukan adalah mempercepat atau merangsang agar ikan gurame dapat memijah lebih cepat. Berikut ini beberapa faktor yang harus diperhatikan agar dapat mempercepat pemijahan ikan gurame hingga bertelur.

 

Kondisi Kolam yang Optimal

Pemijahan sebaiknya dilakukan pada kolam terpisah agar proses pemijahan tidak mengalami gangguan. Pastikan air kolam dalam keadaan bersih dengan kadar keasaman dan suhu yang optimal.

 

Kualitas Sarang untuk Bertelur

Pastikan untuk memasang sarang anakan (sosog) pada kolam sebelum induk gurame dipijahkan. Hal ini tentu merangsang ikan untuk meletakkan telur-telurnya di tempat yang tepat. Lihat bentuk sosog, jika dirasa ada kerusakan sebaiknya diganti dengan yang bagus, agar proses bertelur ikan gurame dapat berjalan dengan baik.

 

Indukan yang Sehat

Agar proses pemijahan dapat berlangsung secara optimal, maka pemilihan kedua induk ikan harus dilakukan dengan benar. Usahakan memilih induk jantan dan betina yang unggul dan sudah siap untuk dikawinkan. Ciri indukan unggul adalah yang tidak terserang penyakit dan tidak ada cacat fisik. Hal ini tentu akan mendorong ikan gurame untuk cepat bertelur.

 

 

 

Baca Juga:

 

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon