Teknik Pemupukan Tambak Udang yang Baik

April 10, 2019

Pemupukan pada tambak penting dilakukan untuk menciptakan lingkungan tambak yang ideal. Pemupukan juga berfungsi untuk menumbuhkan plankton pada tambak, yang mana plankton tersebut dapat menjadi pakan alami untuk udang, serta membantu proses pengurairan bahan organik.

Sumber: infoikan.com 

 

Pemupukan harus dilakukan dengan benar, karena jika ada tahapan yang salah dapat membuat tambak menjadi semakin beracun bagi udang.  Berikut ini kami ulaskan untuk anda langkah-langkah pemupukan tambak yang baik dan benar.

 

1. Keringkan Tambak

Sebelum tambak dipupuk, sebaiknya tambak dikeringkan terlebih dahulu dikeringkan. Pengeringan dilakukan dengan memanfaatkan sinar matahari selama 2-3 hari hingga tanah terlihat pecah-pecah.

 

2. Pembalikan Tanah

Tanah tambak yang sudah kering sebaiknya dibalikkan dengan menggunakan cangkul. Pembalikan tanah ini dilakukan dengan tujuan untuk membuang gas-gas beracun serta patogen sisa budidaya sebelumnya, sehingga tambak kembali pada kondisi awal.

 

3. Penebaran Pupuk

Pemilihan pupuk termasuk hal yang penting untuk dilakukan, untuk itu pastikan menggunakan pupuk yang tepat guna mendapatkan hasil yang maksimal. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk bubuk maupun cair

 

Setelah itu pupuk dilarutkan ke dalam air dan aduk hingga merata. Selanjutnya, siramkan pupuk ke seluruh tanah tambak secara merata. Kemudian diamkan tambak selama 2 hari dan dilanjutkan dengan pengisian air pada tambak.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon